ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X SMA DI MASA PANDEMI COVID-19

Dwiza Adillah, NIM.: 18106000001 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X SMA DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X SMA DI MASA PANDEMI COVID-19)
18106000001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL SISWA KELAS X SMA DI MASA PANDEMI COVID-19)
18106000001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan yang mampu menjadi salah satu penentu dalam menghadapi masa sekarang dan kedepannya. Pentingnya memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi untuk siswa akan mampu membantu dalam menemukan solusi dalam setiap kesulitan serta dalam menyelesaikan soal. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, salah satunya dengan adanya kemampuan literasi digital yang dimiliki siswa. Literasi digital ini melatih siswa untuk berpikiran kritis dalam menghadapi informasi di media digtial. Selain itu, literasi digital membantu siswa untuk dalam menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri ditinjau dari literasi digital. Jenis penelitian adalah penelitian analisis deskriptif dengan subjek penelitian adalah 7 siswa dari kelas X MIPA 4 SMA N 1 Banguntapan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data adalah dengan memberikan tes pilihan ganda, tes tertulis, dan melakukan wawancara. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah analisis pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing tingkatan literasi digital siswa memiliki perbedaan dalam kemampuan berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan soal trigonometri. Siswa dengan literasi digital tinggi mampu dalam melakukan seluruh indikator kemampuan berpikir kritis, meskipun terdapat jawaban yang kurang tepat tapi dalam wawancara siswa dapat menjelaskan dengan baik. Siswa pada ketegori ini pada indikator 2, dapat menggambar sketsa dalam bentuk bangun datar. Siswa dengan literasi digital sedang mampu dalam melakukan 4 indikator kemampuan berpikit kritis, yaitu pada indikator 1, 2, 3, dan 4. Siswa pada kategori ini tidak dapat menuliskan keterangan pada sketsa namun dapat menjelaskan dengan baik. Terdapat pula siswa yang mengalami kesalahan konsep. Siswa dengan literasi digital rendah mampu dalam melakukan 3 indikator kemampuan berpikir kritis, yaitu pada indikator 2, 4, dan 5. Pada kategori ini siswa tidak mampu menuliskan informasi yang ditanyakan dan kecukupan data. Siswa juga mengalami kesalahan dalam operasi hitung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ibrahim M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Literasi Digital, Trigonometri
Subjects: Covid-19
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 09 Feb 2023 14:37
Last Modified: 09 Feb 2023 14:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56025

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum