UPAYA MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA ARAB MELALUI BUKU TIPS DAN TRIK MENJADI SEORANG DEBATER TERHADAP ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) “ITTAQO” UIN SALATIGA TAHUN 2022

Chalvia Farra Jihan, NIM.: 20204021018 (2022) UPAYA MENINGKATKAN MAHARAH AL- KALAM DALAM PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA ARAB MELALUI BUKU TIPS DAN TRIK MENJADI SEORANG DEBATER TERHADAP ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) “ITTAQO” UIN SALATIGA TAHUN 2022. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM DALAM PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA ARAB MELALUI BUKU TIPS DAN TRIK MENJADI SEORANG DEBATER TERHADAP ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) “ITTAQO” UIN SALATIGA TAHUN 2022)
20204021018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MAHᾹRAH AL- KALᾹM DALAM PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA ARAB MELALUI BUKU TIPS DAN TRIK MENJADI SEORANG DEBATER TERHADAP ANGGOTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM) “ITTAQO” UIN SALATIGA TAHUN 2022)
20204021018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

ITTAQO” memiliki klub debat bahasa Arab yang mana klub tersebut menjadi wadah bagi para mahasiswa UIN Salatiga yang tertarik untuk mengembangkan mahārah al-kalām melalui pelatihan dan pembelajaran debat bahasa Arab. Klub debat ini bernama “ADILLAH”, atau A‟dhou Nadhil Jidal bi Jami‟ah Salatija Al-Islamiyah Al-Hukumiyah yang masih berada dibawah naungan UKM “ITTAQO”. Segala jenis persiapan, pembelajaran dan pelatihan debat bahasa Arab dilakukan dalam klub ini, meliputi teori dan praktek. Namun dalam pembelajaran debat bahasa Arab yang telah berlangsung sampai saat ini, pelatih debat masih menemukan beberapa keterhambatan dalam kelancaran peningkatan berbahasa Arab, salah satunya adalah gaya bahasa para debater atau sering dikenal sebagai uslub. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation).Tujuan penelitian ini adalah mengetahui desain pengembangan, implementasi, dan efektifitas buku Tips dan Trik Menjadi Seorang Debater untuk meningkatkan mahārah al-kalām dalam pembelajaran debat bahasa Arab terhadap anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) “ITTAQO” UIN Salatiga tahun 2022. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Produk yang dihasilkan berupa buku Tips dan Trik Menjadi Seorang Debater. Buku tersebut terdiri dari empat bab, yang mana setiap babnya menjelaskan mengenai materi-materi debat tertentu. (2) Implementasi buku Tips dan Trik Menjadi Seorang Debater dengan menginstruksikan kepada para anggota debater untuk mempelajari materi yang terkandung dalam buku tersebut, sehingga materi debat yang telah dipelajari dapat digunakan ketika pembelajaran debat berlangsung. Karenanya, upaya peningkatan mahārah al-kalām dalam pembelajaran bahasa Arab melalui buku Tips dan Trik Menjadi Seorang Debater terhadap anggota UKM “ITTAQO” UIN Salatiga tahun 2022 sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: “ITTAQO”, Maharah Al-Kalam, Debat Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 11:02
Last Modified: 10 Feb 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum