PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB UNTUK SISWA JURUSAN KEPARIWISATAAN DI SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA PALEMBANG

Ami Rahmad, NIM.: 20204022009 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB UNTUK SISWA JURUSAN KEPARIWISATAAN DI SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA PALEMBANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB UNTUK SISWA JURUSAN KEPARIWISATAAN DI SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA PALEMBANG)
20204022009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB UNTUK SISWA JURUSAN KEPARIWISATAAN DI SMK PENERBANGAN SRIWIJAYA PALEMBANG)
20204022009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua hal: Pertama untuk menemukan desain pengembangan modul bahasa Arab untuk siswa SMK penerbangan Sriwijaya jurusan kepariwisataan, dan kedua ingin mengetahui keefektifan penggunaan modul bahasa arab untuk siswa SMK Penerbangan Sriwijaya jurusan kepariwisataan. Jenis penetian ini adalah research and depelopment atau disingkat RnD, dengan menggunakan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Depelovment, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes dan angket, dengan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Desain Modul ini terdiri dari lima bab materi, lalu pada tiap bab terdapat beberapa sub bab di dalamnya. Pada tiap bab terdapat sub bab yaitu ungkapan fungsional, kosakata dan percakapan yang berfokus pada keterampilan berbicara, ada juga latihan pilihan ganda, latihan melengkapi dialog percakapan, latihan membuat kalimat, memasangkan dialog yang sesuai, menyusun kosakata yang acak menjadi benar, dan membuat percakapan sesuai gambar. Berdasarkan evaluasi Ahli materi dan kurikulum, diperoleh hasil 43 dengan presantase 82,69% berada pada kriteria “Sangat Baik” untuk kurikulum, dan skor 63 dengan persentase 92,65% berada pada kriteria “Sangat Baik” pula untuk materi dalam modul. Keefektifan buku ajar dari hasil pre-test dan post-test secara tertulis di kelas 1 SMK Penerbangan Sriwijaya Jurusan Kepariwisataan dengan jumlah siswa 46 menunjukkan perbedaan, dan hasil pre-test dengan rata-rata 71,3%, dan nilai post-test rata-rata 81,08 persen. Dari hasil pre-test dan post-test diperoleh hasil uji normalitas dengan pre test sebesar sig 0,15 dan post-test sebesar sig 0.06. Hal ini menunjukkan bahwa data yang ada berdistribusi normal karena data tersebut > 0.05. Kemudian hasil uji homogenitas berdistribusi homogen, yaitu (sig 0.659>0.05). dan hasil uji-t menunjukkan penerimaan Ha dan penolakan Ho karena hasil uji-t mengahasilkan Sig 0.001<0.005 (2-tailed)

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir, S. Pd. M. Si
Uncontrolled Keywords: Modul, Bahasa Arab, Keterampilan Berbicara
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Feb 2023 14:18
Last Modified: 10 Feb 2023 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum