DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DALAM PELAYANAN LANJUT USIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PUNDONG

Dinda Ayu Prastiwi Berlianti, NIM.: 20200011031 (2022) DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DALAM PELAYANAN LANJUT USIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PUNDONG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DALAM PELAYANAN LANJUT USIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PUNDONG)
20200011031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN PSIKOSOSIAL DALAM PELAYANAN LANJUT USIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BALAI REHABILITASI TERPADU PENYANDANG DISABILITAS PUNDONG)
20200011031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dalam situasi pandemi dukungan psikososial terhadap lansia merupakan tindakan mendesak dan tepat untuk menyelamatkan nyawa, memberikan perlindungan, mengatasi stress, dan memulihkan kesejahteraan. Hal tersebut dikarenakan pandemi Covid-19 bukan hanya mengancam nyawa, tetapi juga mengancam psikologis lansia yang dapat menyebabkan gangguan psikologis berupa rasa panik berlebih, trauma, bahkan tekanan mendalam sehingga diperlukan penanganan dukungan psikososial secepat dan sedini mungkin. Lansia sebagai kelompok rentan mengalami dampak fisik dan psikologis dari adanya Covid-19. Dampak tersebut juga dirasakan oleh lansia yang tinggal di Balai Rehabilitasi Terpadu Penyandang Disabilitas (BRTPD) Pundong. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengkaji tentang bentuk pelayanan dukungan psikososial bagi lansia yang diberikan oleh BRTPD Pundong selama pandemi Covid-19. Selain itu penelitian ini juga mengkaji persepsi lansia tentang dukungan psikososial yang diberikan oleh BRTPD Pundong selama pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan teori dukungan psikososial bagi korban bencana yang dikeluarkan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Republik Indonesia dan teori persepsi manusia menurut Walgito. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis agar melihat masalah secara mendalam. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, pengumpulan data, analisis data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian tentang dukungan psikososial yang dilakukan kepada Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) lansia di BRTPD Pundong menujukkan bahwa PPKS lansia merasa aman, terlindungi, dan menurunkan rasa cemas serta ketakutan yang dihadapi selama pandemi Covid-19. PPKS lansia menjadi fokus pada kegiatan dukungan psikososial dan mendekatkan diri kepada Tuhan. Persepsi PPKS lansia menunjukkan bahwa program dukungan psikososial berhasil membuat PPKS lansia dapat mengontrol emosi dengan baik. Persepsi tersebut didorong oleh faktor fungsional PPKS lansia yang menganggap bahwa dukungan psikososial ini sudah sesuai dengan kebutuhan dari PPKS lansia terkait perlindungan, rasa aman, motivasi dan dorongan dari lingkungan sekitar pada masa pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Astri Hanjarwati, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: Dukungan Psikososial, Persepsi lansia, Pandemi Covid-19, BRTPD Pundong, PPKS lansia
Subjects: Pekerjaan Sosial
Covid-19
DISABILITAS
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2023 09:34
Last Modified: 14 Feb 2023 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum