ANALISIS PENDEKATAN PEOPLE LED DEVELOPMENT TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN (STUDI LSM MITRA WACANA DAN P3A RENGGANIS KULON PROGO)

Ryan Aldi Nugraha, NIM.: 20200012004 (2022) ANALISIS PENDEKATAN PEOPLE LED DEVELOPMENT TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN (STUDI LSM MITRA WACANA DAN P3A RENGGANIS KULON PROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENDEKATAN PEOPLE LED DEVELOPMENT TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN (STUDI LSM MITRA WACANA DAN P3A RENGGANIS KULON PROGO))
20200012004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENDEKATAN PEOPLE LED DEVELOPMENT TERHADAP PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PEMBERDAYAAN (STUDI LSM MITRA WACANA DAN P3A RENGGANIS KULON PROGO))
20200012004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berupaya untuk mengelaborasi partisipasi perempuan dalam pemberdayaan melalui pendekatan People Led Development. Hal ini didasarkan pada munculnya wacana antitesis dari konsep top-down yang akan memberikan ruang lebih besar bagi masyarakat untuk melakukan proses pembangunan, dengan aktor utamanya adalah rakyat itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti adalah metode kualitatif dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini, peneliti fokus dalam mendapatkan informasi bagaimana penerapan People Led Development Mitra Wacana, serta tingkat partisipasi yang dilakukan oleh P3A Rengganis dalam pemberdayaan. Metode yang digunakan tentu melalui wawancara in-depth secara mendalam, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan People Led Development terhadap partisipasi perempuan dalam pemberdayaan dilihat dari penguatan kapasitas kelompok, keterlibatan dalam setiap keputusan dalam pemberdayaan dan strategi komunikasi yang dipakai oleh P3A Rengganis dalam menyampaikan aspirasi mereka. Pada akhirnya mereka mampu memanfaatkan forum atau pertemuan yang seringkali menjadi narasumber, mampu mendorong pemerintah desa untuk menjejaring setiap asipirasi, mampu memberikan masukan terhadap setiap proses dan kebijakan desa, serta telah tumbuh kesadaran kritis dan mandiri secara ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ramadhanita Mustika Sari
Uncontrolled Keywords: People Led Development, Partisipasi Perempuan, Pemberdayaan
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2023 11:16
Last Modified: 14 Feb 2023 11:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum