KOMBINASI MEDIA DAN PENAMBAHAN POC NASI BASI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) DENGAN HIDROPONIK SISTEM SUMBU

Qurotun A’yun, NIM.: 16640078 (2022) KOMBINASI MEDIA DAN PENAMBAHAN POC NASI BASI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) DENGAN HIDROPONIK SISTEM SUMBU. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMBINASI MEDIA DAN PENAMBAHAN POC NASI BASI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) DENGAN HIDROPONIK SISTEM SUMBU)
16640078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMBINASI MEDIA DAN PENAMBAHAN POC NASI BASI PADA PERTUMBUHAN VEGETATIF TOMAT (Lycopersicon esculentum Mill) DENGAN HIDROPONIK SISTEM SUMBU)
16640078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tomat (Lycopersicon esculentum Mill) merupakan tanaman hortikultura yang dapat dibudidayakan dengan hidroponik. Budidaya sistem hidroponik masih menimbulkan permasalahan dari segi biaya dan ketersediaan jenis nutrisi di pasaran, sehingga perlu adanya larutan nutrisi alternatif yang relatif murah seperti penggunaan pupuk organik cair (POC). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi POC nasi basi serta media tanam terhadap pertumbuhan vegetatif tomat serta formulasi POC nasi basi dan media hidroponik yang menghasilkan pertumbuhan paling baik pada tanaman tomat. Metode penelitian yang dilakukan dengan RAL (rancangan acak lengkap) dengan dua faktor, yaitu nutrisi hidroponik POC dari nasi basi dan faktor kombinasi media tanam cocopeat dan arang sekam. Analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur (twoway ANOVA) kemudian dilanjutkan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) 5% menggunakan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan jumlah daun, tinggi tanaman dan panjang akar yang lebih baik pada penambahan POC nasi basi 25% dan penggunaan media kombinasi (cocopeat dan arang sekam). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan POC nasi basi dan kombinasi media terhadap pertumbuahn vegetatif tanaman tomat (Lycopersicon esculentum Mill) dengan teknik hidroponik memberikan pengaruh yang rendah jika dibandingkan dengan kontrol AB mix. Perlakuan penggunaan nutrisi ab mix menunjukkan hasil yang paling tinggi dibandingkan semua perlakuan. Perlakuan POC 25% dengan media kombinasi, POC 25% dengan media cocopeat dan POC 50% dengan media kombinasi menunjukkan hasil yang lebih optimal dibandingkan dengan perlakuan lain selain kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dias Idha Pramesti, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Hidroponik, Sistem Sumbu, Tanaman Tomat
Subjects: Biologi
Tanaman
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Feb 2023 15:48
Last Modified: 14 Feb 2023 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum