PERAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN NGRANDULOR JOMBANG

Wildani Ridlo, NIM.: 18104090016 (2022) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN NGRANDULOR JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN NGRANDULOR JOMBANG)
18104090016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER KEPALA SEKOLAH DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN NGRANDULOR JOMBANG)
18104090016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Terciptanya mutu yang baik didukung oleh kualitas sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang baik pula. Adanya keterbengkalaian Sumber Daya Manusia dan kelengkapan sarana prasarana di SDN Ngrandulor Jombang menyebabkan mutu pendidikan menjadi kurang optimal. Faktor utama terciptanya mutu pendidikan yang berkualitas berawal dari peran seorang kepala sekolah. Kepala sekolah SDN Ngrandulor dalam kepemimpinannya menerapkan gaya kepemimpinan visioner sebagai upaya mewujudkan mutu yang baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, serta mempertimbangkan aspek pendukung maupun penghambat dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan gaya kepemimpinan visioner, peran kepemimpinan visioner dan dampak perubahan peningkatan mutu pendidikan dengan menerapkan gaya kepemimpinan visioner di SDN Ngrandulor. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang melibatkan 9 orang informan dalam proses pengumpulan data. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode dalam mencapai keabsahan data. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) Penerapan gaya kepemimpinan visioner oleh kepala sekolah SDN Ngrandulor merupakan gaya kepemimpinan yang efektif karena hanya terfokus terhadap visi lembaga pendidikan yang bersangkutan dan mutu pendidikan yang diberikan. (2) Peran kepemimpinan visioner sekaligus strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN Ngrandulor direalisasikan dalam bentuk program pengembangan potensi peserta didik, pengembangan profesionalisme guru, pembinaan pendidikan karakter, dan perbaikan sarana dan prasarana sebagai fasilitas pendidikan. (3) Dampak perubahan peningkatan mutu pendidikan dengan diterapkannya gaya kepemimpinan visioner dibuktikan dengan peningkatan jumlah peserta didik, prestasi peserta didik dan sekolah, penerapan program pembelajaran yang kondusif, pengadaan sarana dan prasarana, bimbingan dan pengarahan serta evaluasi bagi pendidik yang dilaksanakan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Subiyantoro, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah; kepemimpinan visioner; mutu pendidikan
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 10:58
Last Modified: 20 Feb 2023 10:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum