TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN

Arti Aulia Almauna, NIM.: 18104090038 (2022) TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN)
18104090038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TIPE KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DALAM PENINGKATAN MUTU MTs QUR’ANIAH MATARAM MUSI RAWAS SUMATERA SELATAN)
18104090038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepemimpinan perempuan dewasa ini telah banyak direalisasikan oleh para perempuan hebat yang memiliki kompetensi untuk memimpin, begitupun dalam dunia pendidikan, perempuan telah banyak berkedudukan sebagai kepala lembaga pendidikan walaupun masih dalam jumlah yang belum sepadan dengan jumlah pemimpin laki-laki, yang dipengaruhi oleh minimnya kepercayaan kepada kompetensi perempuan untuk memimpin. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui kepemimpinan perempuan yang ada di MTs Quraniah Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tipe kepemimpinan khas perempuan yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan mutu yang ada di MTs Qur’niah Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif Pengumpulan data dilakukan dengan proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan proses kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Triangulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan sebagai teknik keabsahan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepemimpinan perempuan kepala madrasah adalah dominan feminim-transformasional yang (a) Berorientasi tim, meliputi sikap kooperatif, kolaboratif, partisipatif dan melibatkan bawahan dalam pengambilan keputusan, (b) Karismatik/berbasis nilai meliputi sikap ramah, akrab dan kekeluargaan, (c) Motivatif dan Supportif terhadap perkembangan kompetensi anggota madrasah, (e) Bertanggungjawab, (f) Mengesampingkan kepentingan pribadi, (g) dan menerapkan sikap edukatif, korektif dalam penyelesaian masalah dengan mengedepankan empati dan intuisi. Dengan penerapan pola kepimimpinan feminim-transformasional dalam kepemimpinan kepala madrasah, telah ada peningkatan mutu yang signifikan di MTs Qur’aniah, yaitu peningkatan jumlah peserta didik, pemenuhan tenaga pendidik dan kependidikan sesuai dengan ketentuan kualifikasinya, pemenuhan sarana dan prasarana pokok penunjang kegiatan belajar mengajar peserta didik, serta penambahan kegiatan ekstrakurikuler sebagai upaya pencapaian visi dan misi madrasah dan meningkatkan kompetensi lulusan. Namun masih ada beberapa mutu yang perlu dimaksimalkan karena adanya hambatan dalam pengelolaan dan pembiayaan serta kurang maksimalnya kepala madrasah dalam menerapkan kompetensi kewirausahaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Zainal Arifin M.S.I
Uncontrolled Keywords: peserta didik; kepemimpinan perempuan; madrasah; kompetensi tenaga pendidik
Subjects: Pendidikan > Kepala Sekolah
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Feb 2023 11:20
Last Modified: 20 Feb 2023 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56455

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum