IMPLEMENTASI QS. AL-A’RAF (7): 56 DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI ATAS PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH YOGYAKARTA)

Muhammad Rifki Nurfauzi, NIM.: 18105030105 (2022) IMPLEMENTASI QS. AL-A’RAF (7): 56 DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI ATAS PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI QS. AL-A’RAF (7): 56 DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI ATAS PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH YOGYAKARTA))
18105030105_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI QS. AL-A’RAF (7): 56 DALAM PENGELOLAAN SAMPAH (STUDI ATAS PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH YOGYAKARTA))
18105030105_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Upaya pengelolaan sampah di PP. Fadlun Minalloh merupakan bentuk respon terhadap realitas permasalahan sampah yang terjadi di TPST Piyungan dan internal pesantren tersebut. Sebagai lembaga yang dekat dengan teks-teks keagamaan tentu segala tindakannya dipengaruhi oleh pemahamannya akan teks-teks tersebut. Fajar sebagai salah satu pengajar mengatakan bahwa upaya pengelolaan sampah didasari oleh QS. al-A’rāf (7): 56. Oleh karenanya, melihat al-Qur'an yang hidup di tengah suatu komunitas tertentu, pendekatan living Qur'an akan digunakan dalam penelitian ini. Sehingga nantinya akan mengungkap pemahaman keluarga besar PP. Fadlun Minalloh dan seberapa besar pengaruhnya terhadap pengelolaan sampah sebagai buah implementasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi. Dalam proses pengumpulan data, peneliti melakukan rangkaian observasi dan wawancara kepada beberapa informan meliputi pimpinan, Dewan Qurrā (tenaga pengajar), pengurus, dan santri PP. Fadlun Minalloh. Dan yang menjadi informan utama adalah pengurus bidang lingkungan karena mereka bersinggungan langsung dengan pengelolaan sampah. Kemudian peneliti akan melakukan dokumentasi serta mempelajari dokumen-dokumen arsip di pesantren tersebut. Data tersebut kemudian diolah secara deskriptif untuk menggambarkan resepsi keluarga besar PP. Fadlun Minalloh terhadap QS. al-A’rāf (7): 56 dalam pengelolaan sampah. Sebagai pisau analisisnya, peneliti menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger untuk menggambarkan proses di mana individu membentuk dan dibentuk oleh al-Qur’an. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; Pertama, mayoritas memahami bahwa QS. al-A’rāf (7): 56 berisikan larangan perusakan bumi dengan cara apapun, baik skala kecil maupun besar mengacu pada penggalan ayat “walā tufsidū fī al-ard ba’da işlāhihā”. Sementara itu, semakin dekat individu dengan teks keagamaan maka semakin dalam pemahamannya, seperti pengasuh, pimpinan, dan Dewan Qurrā di pesantren tersebut. Pemahaman tersebut juga sesuai dengan penafsiran al-Syaukanī, al-Qurţubī, dan Abū al-Su’ūd. Kedua, pengelolaan sampah dianggap sebagai upaya implementasi terhadap ayat QS. al-A’rāf (7): 56. Pemaknaan ini tersebar melalui majelis pengajian, rapat pengurus, sosialisasi, dan forum-forum yang lain. Pimpinan pesantren dalam hal ini menganggap bahwa pengelolaan sampah belum cukup dikatakan sebagai implementasi dari ayat tersebut. Didasari bahwa larangan merusak bumi berkaitan erat dengan al-kulliyāt al-khamsah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Ahmad Baidowi, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Living Qur’an, Fadlun Minalloh, Pengelolaan Sampah, Al-A’raf
Subjects: al Qur'an > Kumpulan Ayat
al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Feb 2023 16:12
Last Modified: 23 Feb 2023 16:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56553

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum