PEMBINAAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL HIMPUNAN MAHASISWA NAHDLATUL WATHAN DI YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN HIZIBAN

Adet Tamula Anugrah, NIM.: 20204012025 (2022) PEMBINAAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL HIMPUNAN MAHASISWA NAHDLATUL WATHAN DI YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN HIZIBAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL HIMPUNAN MAHASISWA NAHDLATUL WATHAN DI YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN HIZIBAN)
20204012025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN SPIRITUAL DAN EMOSIONAL HIMPUNAN MAHASISWA NAHDLATUL WATHAN DI YOGYAKARTA MELALUI KEGIATAN HIZIBAN)
20204012025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembinaan spiritual dan emosional anggota Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan di Daerah Istimewa Yogyakarta yang mencakup: urgensi kegiatan hiziban sebagai media pembinaan spiritual dan emosional, pola pembinaan spiritual dan emosional melalui kegiatan hiziban, serta kontribusi pembinaan spiritual dan emosional melalui kegiatan hiziban. Penelitian ini penting dilakukan karena fenomena kerasnya arus globalisasi yang membawa pengaruh negatif, sehingga menuntut masyarakat khususnya kalangan mahasiswa sebagai kelompok yang rentan terpengaruh, untuk semakin meningkatkan potensi spiritual dan emosional. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Analisis data dilakukan dalam enam tahap yaitu, persiapan dan pengorganisasian, eksplorasi dan pengodean data, membangun deskripsi dan tema, presentasi dan melaportkan temuan, interpretasi temuan, dan validasi temuan. Hasil penelitian adalah: Pertama, kegiatan hiziban dapat membangun dan meningkatkan spiritual dan emosional. Selain itu, membaca Hizib Nahdlatul Wathan juga dapat menjadi media untuk berkumpul, membangun komunikasi yang intens, membangun kebersamaan, membangkitkan semangat, dan membina mental. Kedua, pola pembinaan spiritual dan emosional melalui kegiatan hiziban adalah melakukan penjernihan emosi, membangun mental, pembinan ketangguhan pribadi, dan pembinaan ketangguhan sosial. Ketiga, kontribusi pembinaan spiritual dan emosional bagi anggota Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah, anggota memiliki emosi yang jernih, memiliki mental yang baik, memiliki ketangguhan pribadi, dan memiliki ketangguhan sosial. Dengan potensi spiritual dan emosional yang baik, anggota Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan di Daerah Istimewa Yogyakarta mampu menjaga diri dari pengaruh hedonisme, cyber crime, dan berita hoax. Selain itu, anggota Himpunan Mahasiswa Nahdlatul Wathan di Daerah Istimewa Yogyakarta juga mampu mengaktualisasikan perannya dalam masyarakat sebagai agen perubahan, kontrol sosial, generasi penerus yang tangguh, dan sebagai suri tauladan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Imam Machali, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: spiritual coaching; emotional coaching; Ḥizib Nahḍatul Waṭhan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Organisasi Masyarakat > NAHDLATUL WATHAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:38
Last Modified: 24 Feb 2023 08:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum