KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (STUDI BINA DAMAI UMAT KRISTEN DAN UMAT ISLAM DI DUSUN MALATAN, BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH)

Jalaluddin Hasibuan, NIM.: 19205010043 (2022) KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (STUDI BINA DAMAI UMAT KRISTEN DAN UMAT ISLAM DI DUSUN MALATAN, BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (STUDI BINA DAMAI UMAT KRISTEN DAN UMAT ISLAM DI DUSUN MALATAN, BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH))
19205010043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (STUDI BINA DAMAI UMAT KRISTEN DAN UMAT ISLAM DI DUSUN MALATAN, BANSARI, TEMANGGUNG, JAWA TENGAH))
19205010043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Dusun Malatan merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Bansari Kabupaten Temanggung. Terdapat dua agama yang saling berdampingan, namun mereka tetap hidup rukun dan harmonis dari sejak lama hingga saat ini. Kerukunan antar umat beragama di Dusun Malatan bahkan kerapkali menjadi contoh bagi masyarakat luar. Sehingga menjadi menarik untuk dilihat bagaimana masyarakat Malatan, yang identik dengan masyarakat pedesaan mampu membangun dan mempertahankan kerukunan tersebut di tengah derasnya pengaruh luar dan perubahan-perubahan sosial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana struktur sosial berimplikasi terhadap bina damai, serta upaya apa saja yang dilakukan masyarakat Malatan dalam membangun dan mempertahankan kerukunan antar umat beragama di Dusun Malatan. Sebagai pendekatan penulis memakai pendekatan sosiologi dan peace studies, dengan menggunakan teori struktural fungsional yang dikenalkan oleh Talcott Parsons, kemudian untuk melengkapi dan memperkuat analisis teori, penulis juga memakai teori peace building oleh Johan Galtung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan bersifat kualitatif, dengan menggunakan metode observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa struktur sosial berimplikasi positif dan fungsional terhadap pembangunan bina damai di Dusun Malatan, kemudian di perkuat dengan upaya-upaya masyarakat untuk merawatnya melalui gagasan nilai-nilai kerukunan. Nilai-nilai yang terdapat dalam keluarga, agama dan budaya menjadikan masyarakat Malatan menyadari perbedaan merupakan keniscayaan yang harus di hormati bersama. Sebagai bentuk praktek bina damai yang ditunjukkan masyarakat Malatan adalah, mempraktekkan sikap hormat, rukun, gotong royong, tolong menolong, merayakan hari besar keagamaan bersama dan sebagainya. Bina damai yang terdapat pada masyarakat Malatan merupakan perdamaian positif (positive peace).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ustadi Hamsah, S,Ag, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Interaksi Sosial, Stratifikasi Sosial, Lembaga Sosial, Peace Building Umat Beragama
Subjects: Sosial, Interaksi
Toleransi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Agama dan Filsafat (S2) > Studi Agama dan Resolusi Konflik
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Feb 2023 15:47
Last Modified: 24 Feb 2023 15:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56593

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum