BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) SEWON BANTUL YOGYAKARTA

Devi Cahyati Yahya Anwar, NIM.: 16220045 (2023) BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) SEWON BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
16220045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PERKAWINAN BAGI CALON PENGANTIN UNTUK MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH DI KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) SEWON BANTUL YOGYAKARTA)
16220045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Banyak masalah dalam perkawinan yang mengakibatkan perceraian dari masalah kecil hingga permasalahan yang besar. Banyak faktor perkawinan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan dibutuhkan persiapan mental dan pengetahuan tentang perkawinan. Maka perlu adanya bimbingan perkawinan bagi calon pengantin untuk mengetahui lebih dalam tentang berumah tangga. Oleh karena itu untuk menumbuhkan kesadaran dalam upaya mewujudkan keluarga sakainah dibutuhkan program yang tepat terutama dari pemerintah melalui bimbingan perkawinan oleh KUA Sewon yang efektif dalam mewujudkan keluarga sakinah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui tahapan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin dalam mewujudkan keluarga sakinah. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan bimbingan perkawinan dengan 25 pasang pengantin ada 5 tahapan bimbingan perkawinan yaitu tahap persiapan, tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Bimbingan perkawinan yang dilakukan KUA Sewon Bantul mampu memberikan edukasi dan pemahaman yang cukup bagi calo pengantin terkait pemahaman rumah tangga sehingga tujuan dalam mewujudkan keluarga sakinah bisa tercapai secara optimal melalui program bimbingan perkawinan di KUA Sewon Bantul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdullah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan, Keluarga Sakinah, Calon Pengantin
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2023 11:11
Last Modified: 27 Feb 2023 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56626

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum