KEKUATAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN EKOLITERASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

Indana Izzatus Sholikhah, NIM.: 18105040046 (2022) KEKUATAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN EKOLITERASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEKUATAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN EKOLITERASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
18105040046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEKUATAN KIAI DALAM PENGEMBANGAN EKOLITERASI SANTRI DI PONDOK PESANTREN LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
18105040046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan sosial yang terjadi di masyarakat biasanya di picu oleh setiap individu maupun kelompok. Kiai sebagai agent of change yang ada di masyarakat memberikan perubahan melalui santri maupun masyarakat secara langsung. Santri yang menjadi orang terdekat Kiai dibandingkan dengan lapisan masyarakat lainnya, memiliki kepercayaan penuh kepada Kiai dan selalu patuh kepada Kiai. Hal ini menjadikan Kiai sebagai pemegang kendali terhadap perkembangan pengetahuan santri, dan dengan hal tersebut, Kiai bisa memberikan pembelajaran tentang hal baru tanpa dipertanyakan keabsahan dan kepentingan hal tersebut oleh para santri. Penelitian ini dilakukan dengan memfokuskan kekuatan Kiai dalam pengembangan ekoliterasi santri.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk mengumpulkan data primer yang didapatkan secara langsung melalui wawancara dengan K.H Heri Kuswanto, Lurah Pondok, dan santri Pondok Pesantren Lintang Songo dan observasi di Pondok Pesantren Lintang Songo dan data sekunder di kumpulkan melalui jurnal, artikel, dan penelitian sudah ada, kemudian di analisis dengan reduksi data, display data, verifikasi data, dan pernarikan kesimpulan.Hasil dari penelitian tersebut diperoleh data bahwa kekuatan Kiai berperan besar dalam mengembangkan ekoliterasi santri di Pondok Pesantren Lintang Songo dan pengembangan pesantren melalui adanya jejaring sosial yang di dapatkan Kiai baik dengan masyarakat, pejabat publik, santri, wali santri, dan alumni. Jejaring sosial yang di landasi dengan adanya kepercayaan antar satu sama lain, menghasilkan bantuan berupa moril maupun materil untuk pengembangan pesantren maupun santri. Bantuan moril yang diberikan Kiai kepada santri memberikan dorongan untuk santri berpartisipasi pada kegiatan pondok, salah satunya adalah ber-ekoliterasi, dan bantuan materil yang didapatkan melalui kekuatan Kiai menjadi penutup kebutuhan santri dan Kiai untuk berkegiatan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mahatva Yoga Adi Pradana, M. Sos.
Uncontrolled Keywords: kiai; ekoliterasi; budaya; santri
Subjects: Sosiologi Agama
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 01 Mar 2023 14:50
Last Modified: 01 Mar 2023 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum