TRADISI MALAPEH KAWUA PADI DI KENAGARIAN AIA MANGGIH KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN RANAH STUDI LIVING HADIS

Meri Oktarini, NIM.: 19105050007 (2022) TRADISI MALAPEH KAWUA PADI DI KENAGARIAN AIA MANGGIH KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN RANAH STUDI LIVING HADIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI MALAPEH KAWUA PADI DI KENAGARIAN AIA MANGGIH KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN RANAH STUDI LIVING HADIS)
19105050007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (TRADISI MALAPEH KAWUA PADI DI KENAGARIAN AIA MANGGIH KECAMATAN LUBUK SIKAPING KABUPATEN PASAMAN RANAH STUDI LIVING HADIS)
19105050007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ranah living hadis pada fenomena tradisi Malapeh Kawua Padi di Kenagarian Aia Manggih yang berkontekskan penelitian lapangan (field research) dengan berlandaskan metode kualitatif berdasar teori yang digagas oleh Alfred Schutz dalam kajian in order to motif serta becauce of motiv. Data yang mendukung kajian ini merujuk pada dua sumber, yaitu data primer yang diperoleh melalui observasi dalam mengamati lingkup pelaksanaan tradisi malapeh kawua padi serta latar belakang masyarakat ataupun kondisi di Kenagarian Aia manggih, kemudian proses wawancara dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta generasi muda terkait pandangan dan pemahaman mereka terhadap tradisi malapeh kawua padi yang mereka aplikasikan pada masa dimulainya bercocok tanam serta proses dokumentasi sebagai bukti bentuk pelakasanaan tradisi malapeh kawua padi di Kenagarian Aia manggih. Kemudian selain merujuk dari data primer, penelitian ini juga dikuatkan dari sumber data sekunder, yang didapat melalui berbagai sumber/literature yang berkaitan dengan tema penelitian. Data tersebut diolah dengan mengunakan tahapan reduksi data, display data, menarik kesimpulan, serta analisis data secara deskriptif guna memperoleh gambaran yang dapat dipahami secara jelas dan terarah untuk menjawab kajian penulis terkait Tradisi Malapeh Kawua Padi. Kawua padi merupakan tradisi yang berkembang di ranah kehidupan masyarakat Nagari Aia manggih pada masa bercocok tanam akan dimulai. Praktek serta kajian tradisi malapeh kawua padi yang berkembang dikenagarian Aia manggih tersebut pada dasarnya berangkat dari adanya nilai sunnah yang hidup dan menyatu dalam pengaplikasian tradisi. Hadis nabi terkait niat/nazar menjadi landasan utama hadirnya tradisi malapeh kawua padi di tengah peradaban kebudayaan masyarakat kenagarian Aia manggih. pada prakteknya tradisi ini memberikan nilai-nilai tersendiri bagi masyarakat Kenagarian Aia Manggih seperti wujud syukur, sedekah, raja’ serta menanamkan nilai-nilai silaturrahmi atau kekeluargaan pada masyarakatnya. Diamati dari perkembangannya Hingga era dewasa ini tradisi malapeh kawua padi terus dilestarikan ditengah masyarakat nagari aia manggih dalam wujud adanya pengaplikasian tradisi pada setiap tahunnya serta ditanamkannya kepada generasi muda sebagai estafet penerus dalam menjaga dan menghidupkan tradisi budaya dan keagamaan yang berkembang sejalan dengan peran tokoh agama, masyarakat, adat serta pemerintah desa. Dengan konsistensi tersebut pengaplikasian tradisi malapeh kawua padi memberikan motiv tersendiri bagi masyarakat kenagarian aia manggih pada praktek hadirnya tradisi tersebut, seperti melestarikan tradisi luhur, menyelaraskan visi yang sama, pengaruh kondisi wilayah, serta mebudayakan tradisi keagamaan sekaligus momentum dalam mendekatkan diri kepada Allah swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos
Uncontrolled Keywords: kesehatan; keagamaan; kebudayaan; tradisi
Subjects: Ilmu Hadits
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 03 Mar 2023 12:13
Last Modified: 03 Mar 2023 12:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56871

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum