ETIKA KONSELOR DALAM KONSELING ONLINE : SEBUAH UPAYA LEMBAGA DEAR COUNSELING DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ETIKA KONSELING ONLINE

Baiq Fifiani Harisma, NIM.: 19200010090 (2023) ETIKA KONSELOR DALAM KONSELING ONLINE : SEBUAH UPAYA LEMBAGA DEAR COUNSELING DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ETIKA KONSELING ONLINE. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA KONSELOR DALAM KONSELING ONLINE : SEBUAH UPAYA LEMBAGA DEAR COUNSELING DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ETIKA KONSELING ONLINE)
19200010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ETIKA KONSELOR DALAM KONSELING ONLINE : SEBUAH UPAYA LEMBAGA DEAR COUNSELING DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ETIKA KONSELING ONLINE)
19200010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Layanan konseling online memiliki karakteristik tersendiri yang berkenaan dengan etika, masalah penggunaan teknologi, latar belakang pendidikan, keterampilan, masalah hukum, bisnis dan masalah manajemen. Nilai etika dari suatu sistem sosial atau keilmuan berada pada penerapan etika tersebut. Konseling profesional selalu dihadapkan pada “dilema etik” untuk mempertahankan standar benar atau salah dalam praktek konseling tertentu. Akibatnya, konselor harus memperhatikan standar etika profesional, serta menggunakannya sebagai pedoman dalam memberikan layanan kepada klien. Adapun tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana Implementasi Etika Konselor dalam konseling online Lembaga Dear Counseling, kemudian untuk mengetahui bagaimana tantangan konseling online Lembaga Dear Counseling. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sedangkan dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan dua langkah yaitu wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi etika konselor dalam layanan konseling online di Lembaga Dear Counseling terlihat pada beberapa hal seperti; a) hubungan dalam konseling melalui internet, b) kerahasiaan data dalam konseling online , c) aspek hukum, lisensi, dan sertifikasi. Adapun tantangan dalam konseling online di Dear Counseling terlihat pada beberapa hal yaitu; 1) batasan professional, 2) mengidentifikasi masalah dan 3) kemungkinan kesalahpahaman.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Etika, Konseling Online, Konselor
Subjects: Bimbingan Konseling
Etika Kerja Islami
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:17
Last Modified: 06 Mar 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56890

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum