RELIGIOSITAS SISWA PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) MASYITHOH NDASARI BUDI KRAPYAK: NILAI-NILAI RELIGIUS, METODE PENANAMAN DAN IKLIM SEKOLAH

Nurul Khotimah, S.Psi, NIM.: 19200012036 (2022) RELIGIOSITAS SISWA PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) MASYITHOH NDASARI BUDI KRAPYAK: NILAI-NILAI RELIGIUS, METODE PENANAMAN DAN IKLIM SEKOLAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELIGIOSITAS SISWA PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) MASYITHOH NDASARI BUDI KRAPYAK: NILAI-NILAI RELIGIUS, METODE PENANAMAN DAN IKLIM SEKOLAH)
19200012036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RELIGIOSITAS SISWA PADA KELOMPOK BERMAIN (KB) MASYITHOH NDASARI BUDI KRAPYAK: NILAI-NILAI RELIGIUS, METODE PENANAMAN DAN IKLIM SEKOLAH)
19200012036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pentingnya religiositas pada siswa KB yakni membentuk moral dan etika yang baik sesuai dengan norma Pancasila atau norma dasar negara dan normanorma agama yang dapat dikatakan sebagai sosok yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Oleh karana itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai religius yang ditanamkan, metode nilai dan pengelolaan iklim sekolah. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif- interpretative. Informan penelitian sebanyak tiga (3) orang, terdiri dari dua (2) orang guru dan seorang (1) kepala sekolah di Kelompok Bermain (KB) Masyithoh nDasari Budi Krapyak. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Strategi validitas atau keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data terdiri dari beberapa tahapan mengolah dan mempersiapkan data, membaca keseluruhan data, menganalisis dengan menggunakan koding data, menerapkan koding, mendeskripsikan dan memaknai data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai religius yang ditanamkan pada siswa KB nDasari Budi yaitu melalui program-program kegiatan keagamaan di sekolah. Nilai keagamaan dengan menerapkan kegiatan salat, berselawat, berdo’a dan kegiatan keagamaan lainnya. Nilai keteladanan dengan memberikan contoh yang baik kepada siswa. Nilai disiplin yang diterapkan untuk membangun sikap konsisten. Hasil implementasi penanaman nilai menggunakan metode yang cukup bervariatif, metode bercerita yang disampaikan oleh guru, metode keteladanan, metode nasihat dan metode pembiasaan. Terdapat beberapa metode yang memiliki kekurangan dalam penanaman religius, seperti: keterbatasan bahan materi pembelajaran, sehingga guru kekurangan materi atau bahan ajar. Sedangkan kelebihan dari metode yang digunakan yakni: guru dapat mengembangkan inovasi dan kreasi dalam pembelajaran dengan blending berbagai sentra pembelajaran. Kemudian, pengelolaan iklim sekolah yang diukur menggunakan dua indikator yaitu dimensi hubungan antar personal dan dimensi pertumbuhan. Dimensi antar personal yang dilakukan kepala sekolah, guru dan murid untuk mengekspresikan kemampuan di sekolah dapat dikatakan saling membantu dalam menjalankan tugasnya. Sedangkan, dimensi pertumbuhan, lingkungan KB mendukung masingmasing individu untuk tumbuh dan berkembang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Nilai-nilai Religiositas, Metode Penanaman Nilai, Iklim Sekolah
Uncontrolled Keywords: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, S.Ag., S.Psi., M.Si
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2023 08:17
Last Modified: 06 Mar 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56892

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum