ISLAM PENELANDO: STUDI DINAMIKA KEAGAMAAN KOMUNITAS ADAT DI DESA PENEKECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Hablun Ilhami, NIM.: 20205022009 (2022) ISLAM PENELANDO: STUDI DINAMIKA KEAGAMAAN KOMUNITAS ADAT DI DESA PENEKECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISLAM PENELANDO: STUDI DINAMIKA KEAGAMAAN KOMUNITAS ADAT DI DESA PENEKECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
20205022009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ISLAM PENELANDO: STUDI DINAMIKA KEAGAMAAN KOMUNITAS ADAT DI DESA PENEKECAMATAN JEROWARU KABUPATEN LOMBOK TIMUR)
20205022009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy

Abstract

Islam Penelandomerupakan salah satu khazanah Islam yang terdapat dalam tradisi keagamaan masyarakat Sasak yang memiliki serangkaian ritual khas salah satunya adalah tradisi beqen(ritus peralihan musim). Islam Penelando sebagai salah satu khazanah Islam masyarakat Sasak yang dipahami sebagai masyarakat yang berpegang teguh pada warisan leluhur mereka terus mengalami dinamika. Dewasa ini terjadi perubahan pada konstruksi keagamaan masyarakat Islam Penelando mulai dari dimensi ritual seperti ritual tontong soet yang tidak lagi dilakukan hingga dimensi material seperti eksistensi bale beleq (rumah adat) yang sedikit demi sedikit digerus oleh pembangunan dan pertumbuhan penduduk. Tesis ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana pola atau konstruksi keagamaan masyarakat Islam Penelando yaitu mulai dari sistem kepercayaan, praktek-praktek keagamaan hingga struktur sosial masyarakat seperti pelapisan dalam masyarakat, pimpinan dalam masyarakat serta sistem kekerabatan yang ada di dalam masyarakat. Di samping itu, kajian dalam tesis ini juga difokuskan pada dinamika keagamaan masyarakat Islam Penelando mulai dari eksistensi masyarakat Islam Penelando, pergeseran-pergeseran dalam konstruksi keagamaan hingga media konstruksi keagamaan masyarakat Islam Penelando. Kajian ini berdasarkan penelitian kualitatif dengan sumber data yaitu tokoh masyarakat Islam Penelando seperti ketua adat, kiyai, serta masyarakat Islam Penelando pada umumnya. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi tersebut kemudian diinterpretasi menggunakan teori konstruksi atas realitas Peter L. Berger. Hasil analisis menunjukan bahwa masyarakat Islam Penelando dengan ciri khas dan karakteristik keagamaannya terus mengalami dinamika. Hal tersebut dapat dilihat dari pergeseran-pergeseran yang terjadi dalam serangkain ritual dan sistem kepercayaan masyarakat Islam Penelando seperti maliqatau pamali yang tidak lagi terlalu dihiraukan oleh masyarakat dan seterusnya. Adanya perubahan dalam konstruksi keagamaan masyarakat Islam Penelando disebabkan oleh faktor pendidikan dan adanya kontak dengan kebudayaan lain seperti modernisasi. Masyarakat Islam Penelandodenganrangkaian dinamika atau perubahan-perubahan terus berupaya untuk menghidupkan serta menjaga konstruksi keagamaan yang diwariskan oleh leluhur masyarakat yaitu melalui tradisi-tradisi warisan leluhur mereka seperti tradisi beqen (peralihan musim), maulid adat hingga terus mempertahankan eksistensidari rumah adat atau bale beleq.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ahmad Salehudin, M. A.
Uncontrolled Keywords: Islam Penelando, Dinamika Keagamaan, Praktek Keagamaan
Subjects: Islam dan Organisasi
Islam dan Tradisi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 06 Mar 2023 14:08
Last Modified: 06 Mar 2023 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum