DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM SIARAN KEAGAMAAN BERDASARKAN KEBUTUHAN PENDENGAR ( STUDI DI RADIO SATUNAMA AM YOGYAKARTA)

Ainun Prihantini, NIM.: 06210035 (2011) DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM SIARAN KEAGAMAAN BERDASARKAN KEBUTUHAN PENDENGAR ( STUDI DI RADIO SATUNAMA AM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM SIARAN KEAGAMAAN BERDASARKAN KEBUTUHAN PENDENGAR ( STUDI DI RADIO SATUNAMA AM YOGYAKARTA))
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DESAIN PENGEMBANGAN PROGRAM SIARAN KEAGAMAAN BERDASARKAN KEBUTUHAN PENDENGAR ( STUDI DI RADIO SATUNAMA AM YOGYAKARTA))
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penyampaian pesan melalui radio dinilai lebih efektif, sebab selain praktis, pesan-pesan yang disampaikan dapat cepat sampai kepada khalayak dalam hal ini sebagai pendengar. Seperti halnya berdakwah, pada mulanya dakwah dilakukan dengan cara bertatap muka secara langsung, berpidato atau berkhotbah di depan mimbar. Namun cara ini menuntut para da’i atau komunikator untuk dapat menguasai karakter audiens dan harus dapat memastikan pesan yang disampaikan dapat diterima oleh audiens. Penyampaian pesan dakwah melalui radio sebagai media dalam menyampaikan informasi secara luas kepada khalayak mengakibatkan khalayak tidak dapat menolak program acara yang disampaikan. Seperti halnya radio Satunama dalam mendesain program siaran keagamaan yaitu program Mbangun Jiwo yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman agama Islam kepada pendengarnya, program ini mempunyai karakteristik yang berbeda yaitu dalam proses siarannya, yaitu melalui proses recording terlebih dahulu. Hal ini menjadi pilihan karena dengan melalui proses recording hasil yang disiarkan kepada pendengar akan lebih baik karena telah melewati proses editing. Selain itu dalam menentukan tema siarannya tidak hanya melibatkan pihak radio saja melainkan narasumber dan pendengar sebagai penentu tema siaran program Mbangun jiwo, sehingga materi yang disiarkan dapat sesuai dengan kebutuhan pendengar. Adapun rumusan masalah yang menjadi pokok pembahasan adalah bagaimana desain pengembangan materi program Mbangun Jiwo yang disesuakan dengan kebutuhan pendengar Untuk mengetahui kebutuhan pendengar radio Satunama mempunyai serangkaian langkah yaitu menentukan segmentasi pendengar, target pendengar dan positioning, selanjutnya membuat desain pengembangan program Mbangun Jiwo berdasarkan kebutuhan pendengar, yaitu dengan menentukan format siaran, menentukan narasumber, menentukan tema siaran, menentukan materi siaran yang berasal dari pertanyaan pendengar, penentuan jadwal dan durasi, serta penentuan jinggel atau promosi siaran. Hal inilah yang mendasari ketertarikan penulis dalam melakukan penelitian terhadap Desain Pengembangan Program Siaran Keagamaan Berdasarkan Kebutuhan Pendengar di Radio Satunama AM Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Musthofa, S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Materi Siaran, Siaran Radio, Acara "Mbangun Jiwo"
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 07 Mar 2023 09:35
Last Modified: 07 Mar 2023 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56952

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum