PERAN KARANG TARUNA DIPO RATNA MUDA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL

Siti Rosanti, NIM.: 07230001 (2011) PERAN KARANG TARUNA DIPO RATNA MUDA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KARANG TARUNA DIPO RATNA MUDA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL)
BAB I, BAB V, DP.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN KARANG TARUNA DIPO RATNA MUDA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT DESA GUWOSARI KECAMATAN PAJANGAN KABUPATEN BANTUL)
BAB II, BAB III, BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berisi peran yang dilaksanakan oleh Karang Taruna Dipo Ratna Muda dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Desa Guwosari. Karang Taruna Dipo Ratna Muda melihat masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan, sehingga KT DRM ini melakukan pemberdayaan dalam bidang ekonomi untuk membantu masyarakat dalam menambah pendapatannya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, adapun tujuan penelitian pertama, untuk mengetahui peran yang dilakukan Karang Taruna Dipo Ratna Muda dalam pemberdayaan masyarakat Desa Guwosari. Kedua, mengetahui hasil yang dicapai oleh Karang Taruna Dipo Ratna Muda dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat Desa Guwosari. Hasil dari penelitian ini meliputi 1) Peran fasilitasi, yaitu Karang Taruna bertugas menjadi fasilitator bagi masyarakat dalam melakukan pemberdayaan. 2) Peran edukasi, yaitu Karang Taruna bekerjasama dengan pihak tertentu bertugas memberikan pelatihanpelatihan pada masyarakat. 3) Peran broker, yaitu Karang Taruna bertugas menghubungkan masyarakat yang dibantu dengan pihak-pihak tertentu. Hasil yang dicapai dalam melakukan pemberdayaan, yaitu pertama peningkatan keterampilan yang didapat oleh masyarakat. Kedua, pengangguran dapat teratasi. Ketiga, pemasaran semakin luas. Keempat, masyarakat lebih mudah memperoleh informasi. Kelima, masyarakat lebih mudah membayar listrik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Pajar Hatma Indra Jaya, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Karang Taruna, Ekonomi Masyarakat
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Apr 2023 09:36
Last Modified: 11 Apr 2023 09:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/56980

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum