PEER EDUCATOR DALAM PENDIDIKAN SEKS REMAJA SEKOLAH DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Perspektif Pendidikan Islam )

Kika Al Tamimi, NIM.: 03410184 (2010) PEER EDUCATOR DALAM PENDIDIKAN SEKS REMAJA SEKOLAH DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Perspektif Pendidikan Islam ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEER EDUCATOR DALAM PENDIDIKAN SEKS REMAJA SEKOLAH DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Perspektif Pendidikan Islam ))
03410184 - BAB I DAN BAB PENUTUP.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEER EDUCATOR DALAM PENDIDIKAN SEKS REMAJA SEKOLAH DI PERKUMPULAN KELUARGA BERENCANA INDONESIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA ( Perspektif Pendidikan Islam ))
03410184 - BAB II SAMPAI BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa idealnya remaja dapat mengontol dirinya sendiri dan memiliki nilai-nilai positif dalam kehidupannya. Namun kenyataannya banyak sekali kasus-kasus remaja yang negatif. PKBI DIY dalam hal ini mengembangkan sebuah strategi pendidikan peer educator yang dianggap mampu mengakomodasi kebutuhan pendidikan seks melalui remaja sekolah yang ada di Yogyakarta ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peer educator dalam pendidikan seks di kalangan remaja sekolah yang diterapkan oleh divisi pendampingan remaja sekolah lentera Sahaja PKBI DIY dan bagaimana pandangan pendidikan Islam tentang peer educator dalam pendidikan seks remaja sekolah yang terdapat di PKBI DIY. Hasil penelitian ini diharap dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penerapan metode dan strategi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang mengambil latar Lentera Sahaja PKBI DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu data yang diperoleh dalam penelitian ini diinterpretasikan sesuai dengan tujuan penelitian dan menganalisanya dalam bentuk laporan yang telah dikumpulkan dalam beberapa cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sebelum menjadi Pendidik Sebaya (Peer Educator), siswa yang akan menjadi PE (Peer Educator) tersebut diberikan pelatihan dan bimbingan oleh para pendamping PE dari PKBI DIY, setelah siap siswa PE kemudian melakukan transfer pengetahuan dan informasi kepada rekan-rekan siswa di sekolahnya masing-masing. PE tersebutlah nantinya yang memberikan bimbingan kepada teman-temannya sendiri. Peer educator dalam pendidikan seks di sekolah menggunakan berbagai macam metode seperti ceramah, tanya jawab, diskusi, dan lain-lain, juga menggunakan berbagai media yang ada seperti bulletin, mading, pemutaran video/film, dan lain-lain. (2) Nilai, metode dan strategi pendidikan peer educator yang dimiliki oleh PKBI DIY tidak bertentangan dengan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: peer educator; remaja; perilaku seksual; PKBI DIY
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 10 Mar 2023 14:30
Last Modified: 10 Mar 2023 14:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57034

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum