ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DETERJEN MEREK ATTACK (STUDY KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)

Mei Istantiningrum, NIM.: 05660038 (2011) ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DETERJEN MEREK ATTACK (STUDY KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DETERJEN MEREK ATTACK (STUDY KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA ·.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DETERJEN MEREK ATTACK (STUDY KASUS PADA MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan wujud dari kesetiaan konsumen untuk selalu mengkonsumsi suatu barang atau produk perusahaan. Konsumen dianggap loyal apabila konsumen membeli atau menggunakan suatu produk tidak hanya satu kali, melainkan berkali-kali dalam satu merek. Loyalitas pelanggan ini sangat penting karena konsumen yang loyal akan selalu mengkonsumsi satu jenis produk tertentu. Loyalitas pelanggan ini sangat penting dipertahankan oleh perusahaan agar pelanggan tidak beralih pada produk pesaing. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah variabel independen yang terdiri dari kinerja (performance), daya tahan (durability), kesesuaian dalam spesifikasi (conformance to specifications), fitur (features), kehandalan (reliability), estetika (aesthetics), kesan kualitas (perceived quality), kegunaan (serviceability), harga dan promosi secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Variabel manakah yang mempunyai pengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan. Apakah ada perbedaan antar-variabel independen terhadap variabel dependen loyalitas pelanggan berdasarkan jenis kelamin responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji Instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabitas. Uji hipotesis menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji Anova. Data diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner pada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel performance, durability, conformance to specifications, features, reliability, aesthetics, percieved quality, serviceability, harga dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Kemudian secara parsial hanya variabel conformance to specifications dan serviceability saja yang tidak terbukti berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah variabel aesthetics dengan nilai thitung sebesar 3,603 dan sig-t (p-value) sebesar 0,001 dan beta sebesar 0,249. Hasil uji beda ANOVA menunjukkan bahwa terbukti ada perbedaan secara signifikan antara konsumen pria dengan wanita terutama pada atribut performance, durability, conformance to specifications, features, reliability, aesthetics, harga, promosi dan loyalitas, sedangkan pada variabel perceived quality dan serviceability tidak terbukti ada perbedaan persepsi antara konsumen pria dan wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ira Setyaningsih, S.T., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Kinerja (Performance), Daya Tahan (Durability), Kesesuaian Dalam Spesifikasi (Conformance to Specifications), Fitur (Features), Kehandalan (Reliability), Estetika (Aesthetics), Kesan Kualitas (Perceived Quality), Kegunaan (Serviceability), Harga, Promosi, Loyalitas Pelanggan
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Mar 2023 11:49
Last Modified: 13 Mar 2023 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum