PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Dyan Sulistyaningsih, NIM.: 06690019 (2011) PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROSES PEMBELAJARAN IPA SMP RSBI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian adalah enam SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu SMP 5 Yogyakarta, SMP 1 Pangudiluhur, SMP 1 Sleman, SMP 1 Bantul, SMP 1 Wates, dan SMP 1 Karangmojo. Waktu penelitian bulan Februari–Juni pada tahun ajaran 2010/2011. Teknik dokumentasi menggunakan foto, video, lembar observasi, dan dokumen administrasi guru. Analisis data menggunakan model interaktif Miler dan Huberman. Teknik penentuan sampel yang dipakai adalah area probability stratified sample. Teknik pengembangan validitas data yang digunakan yaitu teknik triangulasi, sedangkan validitas instrumen menggunakan validitas konstruk. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa proses pembelajaran IPA SMP RSBI di Daerah Istimewa Yogyakarta pada daerah urban, sub urban maupun pinggiran dapat dikategorikan baik (rata-rata 68,58%). Poin tertinggi SMP 1 Karangmojo (93,10%) dan poin terendah SMP Pangudiluhur 1 (57,47%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran IPA tidak dapat ditentukan oleh lokasi sekolah. Akan tetapi, kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal, kualitas proses pembelajaran dan kesiapan (kelengkapan dokumen) guru lebih baik dan lebih stabil. Hal ini terlihat dari persentase bilingual kelompok sekolah yang mendapat status RSBI lebih awal (tahun 2007) lebih tinggi persentasenya (60,35%), sedangkan sekolah yang mendapat status RSBI tahun 2008 persetase bilingualnya 36,75%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Thaqibul Fikri Niyartama, M.Si dan Muhammad Pribadi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Proses Belajar Mengajar, Pembelajaran IPA, Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 14 Mar 2023 10:21
Last Modified: 14 Mar 2023 10:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57110

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum