PENGEMBANGAN MUBALIG HIJRAH DALAM REGENERASI KADER MUHAMMADIYAH: STUDI FENOMENOLOGI DI MA. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Salva Kalimatin Sava, NIM.: 18102030017 (2023) PENGEMBANGAN MUBALIG HIJRAH DALAM REGENERASI KADER MUHAMMADIYAH: STUDI FENOMENOLOGI DI MA. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MUBALIG HIJRAH DALAM REGENERASI KADER MUHAMMADIYAH: STUDI FENOMENOLOGI DI MA. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18102030017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MUBALIG HIJRAH DALAM REGENERASI KADER MUHAMMADIYAH: STUDI FENOMENOLOGI DI MA. MU’ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
18102030017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena hijrah telah menjadi representasi identitas kelompok gerakan Islam transnasional dengan beberapa stigma negatif seperti radikal, ekstremis, konservatif, intoleran, dan fundamentalis. Program Mubalig Hijrah hadir sebagai fenomena sosial keagamaan yang mengisi kekosongan makna lain tentang hijrah di era modern dengan penggunaan terminologi lain dalam isu gerakan hijrah generasi milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif MA. Mu‟allimaat Muhammadiyah melaksanakan program Mubalig Hijrah dan mengetahui pengembangan program Mubalig Hijrah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun instrumen dalam pengumpulan data berasal dari hasil observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dengan recording, horizonalisasi, cluster of meaning, interpretasi data, dan penulisan laporan. Selanjutnya tahap validasi data yaitu dengan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif MA. Mu‟allimaat Muhammadiyah melaksanakan program Mubalig Hijrah adalah meneruskan pengabdian yang sudah lama dijalankan sejak Madrasah Mu‟allimaat didirikan pada tahun 1918 dan untuk mencetak kader dalam mendukung pencapaian tujuan Muhammadiyah. Mubalig Hijrah juga menjadi wadah bagi siswi MA. Mu‟allimaat Muhammadiyah untuk mewarnai metode dakwah dalam pengabdian masyarakat. Adapun pengembangan program Mubalig Hijrah meliputi pengembangan karakter siswi, penguatan ideologi keorganisasian, dan internalisasi modal sosial. Selanjutnya modal sosial pada program Mubalig Hijrah yaitu hubungan melalui jaringan sosial yang baik bersama pimpinan-pimpinan Muhammadiyah dan Aisyiyah, pengurus TPA, dan masyarakat di lokasi Mubalig Hijrah yang dijaga dengan kepercayaan dan juga tata tertib yang berlaku. Implikasi hasil penelitian digunakan sebagai masukan bagi guru yang melanjutkan estafet kepanitiaan Mubalig Hijrah sehubungan dengan inovasi pelatihan, pendampingan bagi siswi pasif, dan perluasan jangkauan wilayah dakwah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ahmad Izudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: gerakan hijrah; regenerasi kader; mubalig hijrah
Subjects: Pariwisata
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 16 Mar 2023 10:04
Last Modified: 16 Mar 2023 10:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum