PENGEMBANGAN MEDIA MORIER JH (MONOPOLI KARIER JOHN HOLLAND) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA MAN 2 YOGYAKARTA

Darma, NIM.: 19102020007 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA MORIER JH (MONOPOLI KARIER JOHN HOLLAND) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA MAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA MORIER JH (MONOPOLI KARIER JOHN HOLLAND) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA MAN 2 YOGYAKARTA)
19102020007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA MORIER JH (MONOPOLI KARIER JOHN HOLLAND) UNTUK MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIER PADA SISWA MAN 2 YOGYAKARTA)
19102020007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa Madrasah Aliyah seharusnya dapat merencanakan karier. Namun pada kenyataannya layanan karier yang dilakukan oleh guru BK di MAN 2 Yogyakarta berupa layanan informasi dengan media Pohon Karier, sedangkan layanan bimbingan kelompok dengan media yang lebih eksploratif belum dilaksanakan. Padahal terdapat siswa-siswa yang masih mengalami kesulitan dalam merencanakan karier dan memerlukan layanan bimbingan kelompok dengan media yang menarik serta dapat meningkatkan perenncanaan karier. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan butuhnya bimbingan karier melalui permainan Monopoli Karier untuk meningkatkan perencanaan karier pada siswa MAN 2 Yogyakarta. Pada Penelitian ini digunakan metode research and development (RnD) pada level 1 dengan tujuh tahap pengembangan. Hasil pada penelitian ini adalah menggunakan media Morier JH melalui tahap pengembangan yaitu Pertama, potensi masalah melakukan wawancara kepada guru BK dan siswa di Sekolah. Kedua, studi literatur dan mengumpulkan data sehingga mendapatkan jurnal pada teori John Holland dalam tipe kepribadian seseorang dalam menentukan karir dan mendapatkan fakta dari sekolah berdasarkan hasil observasi. Ketiga, desain produk mengembangkan media Monopoli Karir Dengan pengembangan media, menghasilkan produk Morier JH (Monopoli Karir John Holland) dengan bantuan software CorelDraw dalam mendesain produk. Keempat validasi desain dilakukan oleh ahli materi dengan presentase 90%, oleh ahli media dengan presentase 81,3% oleh ahli praktisi yaitu guru BK MAN 2 Yogyakarta dengan presentase 90% yang didapatkan. Kelima revisi desain dilakukan hasil komentar dan saran serta masukan dari para validator dan memperbaiki media yang dikembangkan. Keenam, desain teruji menjumlahkan hasil penilaian para validator rata-rata didapatkan sebesar 87,1%. Ketujuh ujicoba media, permainan Morier JH di ujicobakan kepada siswa-siswi MAN 2 Yogyakarta menggunakan skala Guttman dengan pengukuran yang didapatkan jawaban tegas yaitu “Benar-Salah” dan mendapatkan hasil mudah di pahami. Sehingga dapat disimpulkan media Morier JH (Monopoli Karier John Holland) dikategorikan sebagai media yang dikembangkan sesuai prosedur pengembangan RND pada level 1.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sudharno Dwi Yuwono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir; Media Monopoli karier; bimbingan kelompok
Subjects: Dakwah > Metode Dakwah > Media Dakwah
Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Mar 2023 10:54
Last Modified: 20 Mar 2023 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57273

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum