Perempuan Dalam Politik Studi Kasus Partisipasi Selebritis Perempuan Dalam Komunikasi Politik Di Partai-Partai Islam Pada Pemilu 2014 Di Indonesia

Mohammad Zamroni, - and Anisah Indriati, - and Mukhammad Sahlan, - (2016) Perempuan Dalam Politik Studi Kasus Partisipasi Selebritis Perempuan Dalam Komunikasi Politik Di Partai-Partai Islam Pada Pemilu 2014 Di Indonesia. PROFETIK: Jurnal Komunikasi, 09 (02). pp. 51-69. ISSN ISSN: 1979-2522 (print), ISSN:2549-0168 (online)

[img]
Preview
Text (Perempuan Dalam Politik Studi Kasus Partisipasi Selebritis Perempuan Dalam Komunikasi Politik Di Partai-Partai Islam Pada Pemilu 2014 Di Indonesia)
Perempuan Dalam Politik Studi Kasus Partisipasi Selebri.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernhyataan)
surat-surat-pernyataan1679653740.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat partisipasi selebritis perempuan khususnya OA pengurus Partai Persatuan Pembangunan dan DR pengurus Partai Amanat Nasional dalam komunikasi politik di partai politik maupun di legislatif yang akan dikaji pada persoalan selebritis perempuan sebagai seorang komunikator politik, pesan politik yang akan disampaikan, media komunikasi politik yang dipakai, khalayak politik yang menjadi sasarannya, dan analisa efek komunikasi politik yang muncul. Lokasi penelitian ini dilakukan di kantoir DPP PPP dan DPP PAN Jakarta dan di DPR RI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kasus tunggal dengan pendekatan fenomenologis dan termasuk penelitian desktiptif analitik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi langsung, serta mengkaji dokumen dan arsip. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, Tingkat kesejahteraan para selebritis perempuan khususnya OA dan DR sesungguhnya tidak perlu dikhawatirkan, bahkan mereka diatas rata-rata tingkat kesejahteraan perempuan lainnya. Kedua, tidak semua akses sumberdaya ekonomi, sosial dan politik bagi perempuan didapatkan baik di lembaga formal maupun informal termasuk bagi OA dan DR. Ketiga, saat ini selebritis perempuan termasuk OA dan DR lebih sadar dan kritis terhadap berbagai bentuk kehidupan terutama bagi masyarakat perkotaan dengan tingkat pendidikan yang lebih maju. Keempat, peran perempuan dalam lembaga legislatif maupun partai politik belumlah setara dengan peran serta laki-laki. Kelima, selebritis perempuan khususnya OA dan DR belum mempunyai kesetaraan dalam hal kontrol/kuasa yang sama sebagaimana halnya dengan laki-laki, untuk mengubah kondisi posisi, masa depan diri dan komunitasnya. Hubungannya dengan komunikasi politik hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa beberapa adanya peran penting yang dilakukan selebritis perempuan meliputi; peran selebritis perempuan sebagai komunikator politik, pesan politik selebritis perempuan, media komunikasi politik selebritis perempuan, khalayak komunikasi politik selebritis perempuan, dan efek komunikasi politik selebritis perempuan termasuk OA dan DR.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perempuan, Politik, Selebritis,Komunikasi politik, Partai Islam
Subjects: Politik
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Jurnal > 27. Profetik
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 24 Mar 2023 17:37
Last Modified: 24 Mar 2023 17:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum