PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KEMISKINAN, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PADA KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR

Muhammad Rijal Amirudin, NIM.: 17108010025 (2023) PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KEMISKINAN, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PADA KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KEMISKINAN, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PADA KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR)
17108010025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, KEMISKINAN, DAN TINGKAT PENGANGGURAN TERHADAP PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO PADA KOTA DI PROVINSI JAWA TIMUR)
17108010025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertumbuhan Ekonomi merupakan unsur penting dalam suatu sendi kehidupan bernegara. Dalam perkembanganya permasalahan ekonomi kerap kali memiliki problematika yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Indeks pembangunan manusia, kemiskinan, serta tingkat pengangguran merupakan beberapa sektor yang harus menjadi prioritas lebih dalam perencanaan serta penanganan guna menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang baik. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan objek penelitian 9 kota yang berada di Provinsi Jawa Timur dengan periode waktu penelitian dari 2016 hingga 2020. Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan alat eviews 12 dan didapati Model Fixed Effect sebagai model terbaik yang terpilih. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwasanya IPM dan tingkat pengangguran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan PDRB. Sedangkan jumlah kemiskinan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan PDRB pada kota-kota di Provinsi Jawa Timur. Namun dari ketiga variabel tersebut ditemui bahwa masing masing memiliki hubungan negatif terhadap pertumbuhan PDRB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pertumbuhan ekonomi; PDRB; kemiskinan; tingkat pengangguran; Fixed Effect Model
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Mar 2023 14:32
Last Modified: 29 Mar 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum