DESAIN PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (KREDIT MACET) PADA BMT BINA INSAN MANDIRI BOROBUDUR SAAT PANDEMI COVID-19

Chilmi Syafiq Ma’shum, NIM.: 18108030080 (2023) DESAIN PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (KREDIT MACET) PADA BMT BINA INSAN MANDIRI BOROBUDUR SAAT PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (KREDIT MACET) PADA BMT BINA INSAN MANDIRI BOROBUDUR SAAT PANDEMI COVID-19)
18108030080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DESAIN PENYELESAIAN PEMBIAYAAN BERMASALAH (KREDIT MACET) PADA BMT BINA INSAN MANDIRI BOROBUDUR SAAT PANDEMI COVID-19)
18108030080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah pada masa pandemi Covid-19, strategi penyelesaiannya, serta untuk mengetahui implikasi perubahan akad saat terjadi permasalahan penyelesaian pembiayaan di BMT Bina Insan Mandiri Borobudur. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk uji keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) faktor penyebab pembiayaan bermasalah di BMT Bina Insan Mandiri Borobudur pada masa Covid-19 ialah karena adanya faktor internal dan eksternal. 2) Strategi yang dilakukan BMT Bina Insan Mandiri dalam menangani pembiayaan bermasalah pada masa Covid-19 adalah dengan melakukan analisis penilaian pembiayaan, pendekatan kekeluargaan, memberikan keringanan pada 3 bulan pertama, memberikan teguran secara tertulis, restrukturisasi, dan penyelesaian secara hukum. 3) Hukum adanya perubahan akad yang terjadi saat penyelesaian pembiayaan bermasalah di BMT Bina Insan Mandiri Borobudur adalah diperbolehkan dalam syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhfiatun, S.E.I., M.E.I.
Uncontrolled Keywords: BMT; contract changes; problematic financing; Covid-19 Pandemic.
Subjects: Manajemen > Keuangan
Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Mar 2023 14:42
Last Modified: 29 Mar 2023 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57523

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum