STUDI EKSPLORASI PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT DEPOSIT DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL MELAYU DALAM NASKAH NUSANTARA

Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, - (2017) STUDI EKSPLORASI PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT DEPOSIT DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL MELAYU DALAM NASKAH NUSANTARA. In: Prosiding The 2 Annual International Symposium on Islam and Humanities (Islam and Malay Local Wisdom) nd Asosiasi Dosen Ilmu-Ilmu Adab (ADIA) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia, 08-11 September 2017, Palembang,.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPLORASI PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT DEPOSIT DALAM PENGEMBANGAN ISLAM DAN KEARIFAN LOKAL MELAYU DALAM NASKAH NUSANTARA)
STUDI EKSPLORASI PERAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI PUSAT DEPOSIT DALAM.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat)
surat-surat-pernyataan1680159055.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini menjawab rumusan masalah terkait dengan bagaimana peran perpustakaan dalam pengembangan Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara. Tujuan dari tulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran perpustakaan dalam pengembangan Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara serta memberikan rekomendasi kepada perpustakaan dalam peningkatan akses pendokumentasian Naskah naskah Nusantara dalam peningkatan akses informasi yang dapat diakses oleh masyarakat luas, sehingga dapat dilakukan disseminasi informasi terkait dengan Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara. Dengan pendekatan kualitatif, tulisan ini disusun dengan lebih menekankan kepada pemaknaan mendalam atau pendeskripsian dan eksplanasi dari sebuah hasil penelitian, dengan teknik pengumpulan data yang utama adalah dokumentasi dan telaah pustaka terkait dengan Islam dan kearifan dalam Naskah Nusantara. Disampaikan ide-ide dasar peran perpustakaan dalam ranah antropologi dan sumbangan sumbangan besar perpustakaan terhadap pendokumentasian Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara tersebut. Fungsi perpustakaan sebagai center of excellence, menjadi pusat pendokumentasian dan penyebaran informasi yang menghasilkan akses inforamsi bagi masyarakat. Diungkapkan juga bagaimana perpustakaan berupaya membangun model konseptual yang mengaitkan kebutuhan informasi, sumber-sumber informasi yang dipakai serta hambatan psikologis intelektual maupun institusional yang dapat menentukan akses informasi kepada masyarakat. Juga diungkapkan bagaimana peran deposit dari Perpustakaan Nasional sebagai salah satu wujud pelestarian dan pemberdayaan hasil budaya bangsa yang berupa karya cetak dsn karya rekam sebagai perwujudan cipta, rasa, karsa dan karya manusia. Akhir tulisan ini menghasilkan rekomendasi besar terhadap rekayasa budaya perpustakaan dalam meningkatkan perannya sebagai institusi yang bertanggunjawab terhadap akses informasi mengenai Islam dan Kearifan Lokal Melayu dalam Naskah Nusantara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan, Deposit, Kearifan Lokal
Subjects: Perpustakaan
Divisions: Prosiding (Proceeding)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 30 Mar 2023 13:57
Last Modified: 30 Mar 2023 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum