PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN BRUTO TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK MUSLIM (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KABUPATEN SLEMAN)

Rudi Ajiansah, NIM.: 07390081 (2011) PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN BRUTO TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK MUSLIM (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KABUPATEN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN BRUTO TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK MUSLIM (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KABUPATEN SLEMAN))
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGETAHUAN ZAKAT DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK TENTANG ZAKAT SEBAGAI PENGURANG PENGHASILAN BRUTO TERHADAP TINGKAT KEPATUHAN WAJIB PAJAK MUSLIM (STUDI KASUS DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA KABUPATEN SLEMAN))
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan (Field Research), dengan fokus penelitian di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya, yang dilihat dari pengetahuan zakat, persepsi tentang zakat sebagai pengurang penghasilan bruto, hukum zakat dan pajak dan layanan pajak. Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda dengan terlebih dahulu melakukan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dari keempat faktor tersebut hanya persepsi tentang zakat sebagai pengurang penghasilan bruto dan hukum zakat dan pajak yang dapat berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya. Sedangkan faktor pengetahuan zakat dan layanan pajak tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya. Pengaruh pengetahuan zakat terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya diperoleh thitung sebesar -0,664 dengan p value 0,508. Karena nilai p value 0,508 > 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak. Pengaruh persepsi tentang zakat sebagai pengurang penghasilan bruto terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya diperoleh thitung sebesar 2,251 dengan nilai p value 0,027. Karena nilai p value ,027 < dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pengaruh hukum zakat dan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya diperoleh thitung sebesar 3,110 dengan p value 0,002. Karena nilai p value 0,002 < dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Pengaruh layanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak muslim dalam melaporkan pajaknya diperoleh thitung sebesar 0,461 dengan p value 0,646. Karena nilai p value 0,646 > dari 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak. Berdasarkan hasil uji determinasi besarnya nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah sebesar 0,327. Hal ini menunjukkan 32,7% variasi kepatuhan wajib pajak muslim dapat dijelaskan oleh variasi dari empat variabel yang berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak muslim yaitu pengetahuan zakat, persepsi tentang zakat sebagai pengurang penghasilan bruto, hukum zakat dan pajak dan layanan pajak. Sisanya 67,3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Syafiq M. Hanafi, M.Ag dan H. M. Yazid Afandi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pajak, Pajak Penghasilan (PPH), Zakat
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Pajak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Apr 2023 12:29
Last Modified: 18 Apr 2023 12:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum