EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAP DILIHAT DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN PURWOREJO (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas XI-IPA MA Negeri Purworejo)

ANIK KHUSNIATUL FITRI - NIM. 05450002, (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAP DILIHAT DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN PURWOREJO (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas XI-IPA MA Negeri Purworejo). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAP DILIHAT DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN PURWOREJO (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas XI-IPA MA Negeri Purworejo))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (999kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE MIND MAP DILIHAT DARI MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA MAN PURWOREJO (Penelitian Kuasi Eksperimen Siswa Kelas XI-IPA MA Negeri Purworejo))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Mind Map dilihat dari motivasi dan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI-IPA semester genap pada pokok bahasan sistem pernafasan manusia. Penelitian ini termasuk penelitian ini Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest group design . Data diperoleh dengan mengambil dua macam data yaitu data kemampuan awal siswa melalui pretest dan data setelah siswa diberi materi pokok bahasan sistem pernafasan manusia melalui posttest. Pretest maupun posttest diberikan pada semua sampel kelas, dari data yang dihasilkan kemudian dibandingkan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk memperoleh data tentang motivasi siswa dilakukan dengan observasi selama proses pembelajaran berlangsung oleh observer. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI MAN Purworejo. Dalam penelitian ini ada dua langkah analisis yang dilakukan yaitu analisis data soal tes dengan melakukan uji prasyarat (uji homogenitas varians, uji normalitas) dan uji t, untuk analisa data observasi motivasi belajar peserta didik dianalisis dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Mind Map lebih efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar biologi dibandingkan dengan penggunaan metode konvensional pada Materi Sistem Pernapasan siswa XI-IPA MAN Purworejo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs.Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efektif , Mind Map, motivasi, prestasi belajar.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Feb 2013 18:55
Last Modified: 01 Mar 2016 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5816

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum