PENGEMBANGAN KECAKAPAN SOSIAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA

Saiful Mujab, NIM.: 07410048 (2011) PENGEMBANGAN KECAKAPAN SOSIAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KECAKAPAN SOSIAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KECAKAPAN SOSIAL DI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLOH WONOKROMO PLERET BANTUL YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang proses pengembangan kecakapan sosial pada santri di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh yang mencakup, latar belakang pelaksanaan program kegiatan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh, program kegiatan yang dilaksanakan dan pengembangan kecakapan sosial melalui program kegiatan tersebut, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan saran dan pemikiran proses pendidikan sosial guna membangun kecakapan sosial pada santri di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Pleret Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar penelitian di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Pleret Bantul. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sosial. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan berperan serta, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membuat kategori dari makna yang terdapat dalam data, mencari dan menemukan pola atau hubungan-hubungan dan membuat temuan-temuan umum melalui penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk program kegiatan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh antara lain: Kegiatan pembelajaran, antara lain: ngaji nahwu dan shorof, sorogan Al Qur’an dan kitab, pengajian umum ba’da Maghrib, pengajian santri ba’da Isya’, dan pengajian ba’da Shubuh, kegiatan perlombaan dalam rangka Akhirussanah, belajar bersama, latihan khitobah (muhadlarah), bahtsul masail santri (lebih dikenal dengan “Halaqoh”), pembelajaran praktek, pelatihan petugas Poskestren, pembagian jadwal ronda di masyarakat, kerja bakti, sholawat al-Barzanji dan Shimtut Duror, pengajian bulanan, Syawalan dan Reuni Santri dan Alumni PP Fadlun Minalloh, dan santunan bagi anak yatim, (2) Pelaksanaan program kegiatan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh Wonokromo Pleret Bantul bertujuan untuk mendidik dan membangun kecakapan sosial pada santri agar mereka dapat bersosialisasi dengan baik kepada orang lain di lingkungannya. Secara umum, metode yang digunakan dalam usaha pengembangan kecakapan sosial tersebut adalah dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasehat, perhatian atau pengawasan dan hukuman. Kecakapan sosial yang yang dapat dikembangkan melalui program kegiatan di Pondok Pesantren Fadlun Minalloh antara lain: kecakapan berkomunikasi, kecakapan bekerjasama, kecekapan menyesuaikan diri secara sosial, kecakapan berempati, kecakapan berperilaku prososial, kecakapan mental sosial, kecakapan mempresentasikan diri, dan kecakapan menyelesaikan persoalan bersama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kecakapan Sosial, Pondok Pesantren, Pendidikan Sosial
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:21
Last Modified: 28 Apr 2023 08:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58180

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum