PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH TERSONO BATANG

Arini Khasanah, NIM.: 07410057 (2011) PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH TERSONO BATANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH TERSONO BATANG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN STRATEGI COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SKI KELAS VIII A MTS MUHAMMADIYAH TERSONO BATANG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang masalah Penelitian ini adalah bahwa dalam pembelajaran SKI pada kelas VIII A di MTs Muhammadiyah Tersono, Batang ini masih kurang efektif serta guru menjelaskan materi pelajaran secara klasikal, pembelajaran SKI masih menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan siswa mencatat materi yang dipelajari sehingga guru merasa lelah dan siswa pun enggan untuk mendengarkan penjelasan materi dari guru, hal ini yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar siswa rendah dalam pembelajaran SKI. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan strategi Cooperative learning tipe NHT untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI kelas VIII A MTs Muhammadiyah Tersono Batang setelah strategi tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar MTs Muhammadiyah Tersono Batang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dokumentasi, catatan lapangan, angket dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan data statistic sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup : (1) Perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan : Penerapan strategi Cooperative Learning tipe NHT dalam pembelajaran SKI di kelas VIII A MTs Muh. Tersono Batang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya dua kali pertemuan. Strategi NHT dalam pembelajaran ini mencakup penomoran, pengajuan masalah, diskusi kelompok, pemanggilan nomor, presentasi dan pemberian penghargaan. Strategi Cooperative Learning tipe NHT efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI khususnya siswa kelas VIII A MTs Muh. Tersono Batang. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Motivasi siswa pada siklus I sebesar 81,72 % dalam kategori baik dan siklus II sebesar 87 % dalam kategori baik sehingga terjadi peningkatan sebesar 5,28 %. Strategi tersebut juga efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran SKI hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Prestasi belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata pre- tes sebesar 64.28 dan post-tes sebesar 75 dan siklus II nilai rata-rata pre-tes sebesar 69 dan post- test sebesar 83.86 sehingga terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II nilai pre- test sebesar 4.72 dan nilai post-test sebesar 8.86.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukiman, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran SKI, Cooperative Learning Numbered Head Together, Motivasi Prestasi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Psikologi > Motivasi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 28 Apr 2023 08:29
Last Modified: 28 Apr 2023 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum