DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KEADAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA STUDIO ALAM GAMPLONG SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Desi Retnoati, NIM.: 18107020024 (2023) DAMPAK PENGEMBANGAN PARIWISATA TERHADAP KEADAAN MASYARAKAT DI DESA WISATA STUDIO ALAM GAMPLONG SUMBERRAHAYU MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Keadaan Masyarakat Di Desa Wisata Studio Alam Gamplong Sumberrahayu Moyudan Sleman Yogyakarta)
18107020024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Dampak Pengembangan Pariwisata Terhadap Keadaan Masyarakat Di Desa Wisata Studio Alam Gamplong Sumberrahayu Moyudan Sleman Yogyakarta)
18107020024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan daerah pada umumnya dan pendapatan masyarakat sekitar pada khususnya. Pariwisata juga merupakan suatu sektor yang tidak berbeda dengan sektor ekonomi lainya karena dalam proses perkembangannya juga mempunyai dampak atau pengaruh di sektor sosial dan ekonomi. Perkembangan pariwisata yang dilakukan oleh masyarakat akan menimbulkan beberapa dampak bagi masyarakat itu sendiri baik dalam hal ekonomi, sosial-budaya maupun lingkungan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yaitu karyawan Studio Alam Gamplong, pedagang sekitar area Studio Alam Gamplong serta masyarakat sekitar Studio Alam Gamplong. Teori yang digunakan yakni Pariwisata Berbasis Masyarakat (Community Based Tourism). Teknik pengumpulan data menggunakan 3 metode yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data serta menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya pengembangan pariwisata di Studio Alam Gamplong oleh masyarakat dan stakeholder lainnya maka terdapat beberapa dampak yang dirasakan oleh masyarakat yakni, pertama dengan adanya pengembangan pariwisata ini memberikan dampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar sektor wisata seperti terbukanya lapangan pekerjaan baru, pendirian bisnis pariwisata. Kedua, dampak secara sosial yakni perubahan fungsi lahan perkebunan menjadi pariwisataserta penurunan angka pengangguran. Ketiga, dampak budaya seperti pengenalan budaya tradhisional desa oleh kelompok Jeep Adventure dan TEGAR. Keempat , dampak pengembangan wisata Studio Alam Gamplong juga berdampak pada lingkungan yakni akses jalan banyak yang rusak. Kelima yakni dampak politik dimana keberadaan golongan yang mempunyai privilege masyarakat tertentu yang mendominasi pelaksanaan pengembangan pariwisata. Dengan adanya dampak yang ditimbulkan baik positif maupun negative diharapkan baik masyarakat, pengelola maupun pemerintah diharapkan terus bekerja sama dalam proses pengembangan pariwisata Studio Alam Gamplong dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.A
Uncontrolled Keywords: pariwisata; dampak masyarakat; Wisata Studio Alam Gamplong
Subjects: Pariwisata
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 28 Apr 2023 09:43
Last Modified: 28 Apr 2023 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum