HUBUNGAN ANTAR AGAMA BERBASIS MULTIKULTURALISME STUDI KASUS HUBUNGAN ANTAR KOMUNITAS AGAMA DI DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA

Fawaizul Umam, - and Abdul Haris, - (2013) HUBUNGAN ANTAR AGAMA BERBASIS MULTIKULTURALISME STUDI KASUS HUBUNGAN ANTAR KOMUNITAS AGAMA DI DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA. Project Report. PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI MATARAM, Mataram.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARAGAMA BERBASIS MULTIKULTURALISME STUDI KASUS HUBUNGAN ANTARKOMUNITAS AGAMA DI DESA PEMENANG TIMUR KECAMATAN PEMENANG KABUPATEN LOMBOK UTARA)
HUBUNGAN ANTARAGAMA BERBASIS MULTIKULTURALISME STU.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernuyataan)
surat-surat-pernyataan1682978323.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengungkapkan hubungan antar agama berbasis multikulturalisme, dengan mengambil sampel kasus yang terjadi di masyarakat desa Pemenang Timur, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB. Hasilnya adalah (1) hubungan antarkomunitas agama (Islam, Hindu, Buddha, dan Kristen) di desa Pemenang Timur menampilkan suatu bentuk hubungan multikultural yang relatif harmonis dan kondusif. Ko-eksistensi pemeluk umat beragama mewujud dalam bentuk saling membantu membangun tempat-tempat ibadah, saling antarmasakan di momen-momen keagamaan dan silaturrahim di hari-hari keagamaan; (2) pandangan para tokoh pemeluk agama terhadap agama lain mewujud dalam bentuk apresiasi terhadap keragaman, termasuk keragaman agama yang meniscayakan sikap toleransi dan equalitas dalam lanskap penyelenggaraan kehidupan desa; (3) tipologi spirit multikulturalisme hubungan antar komunitas mewujud dalam kemajemukan agama anutan, kesadaran akan ide “kebersatuan”, kebutuhan akan toleransi aktif, urgensi equalitas, dan adanya politic of recognition di mana negara mengambil peran dalam aras politik desa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Hubungan Antaragama, Multikulturalisme, Hubungan Antarkomunitas Agama
Subjects: Moderasi Beragama
Agama (Religion)
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 02 May 2023 05:19
Last Modified: 02 May 2023 05:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58216

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum