DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA

Heni Rahmawati, NIM.: 07410170 (2011) DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK SERTIFIKASI TERHADAP KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sertifikasi merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dan diharapkan guru yang telah lolos program sertifikasi memiliki kompetensi untuk melaksanakan tugas profesional. Keberhasilan seorang guru dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh kompetensi guru sebagai pendidik. Guru diharapkan memiliki kompetensi yang mampu memberikan dan merealisasikan serta kemajuan disemua pihak terutama masyarakat umum yang telah mempercayai sekolah dan guru dalam membina anak didik. Dalam meraih mutu pendidikan yang baik sangat dipengaruhi kompetensi guru dalam melakukan tugasnya, sehingga kompetensi guru menjadi tuntutan penting untuk mencapai keberhasilan pendidikan. Secara umum mutu pendidikan yang baik menjadi tolak ukur bagi keberhasilan kompetensi yang ditunjukkan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan dampak sertifikasi guru terhadap kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Kabupaten Sleman setahun setelah sertifikasi yang ditinjau dari aspek pelaksanaan pembelajaran dan pengembangan profesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan design non eksperimental. Data yang diambil menggunakan skor sebagai bentuk perhitungan terhadap gejala yang muncul dalam penelitian ini. Selanjutnya hasil dan temuan penelitian dideskripsikan baik secara univariat maupun bivariat. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri di Kabupaten Sleman Yogyakarta dengan subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam yang telah lulus sertifikasi dan belum lulus sertifikasi pada tahun 2007 sampai 2009 dengan jumlah 32 orang guru lulus sertifikasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dari hasil penilaian yang terkumpul dianalisis dengan statistik deskriptif pada semua aspek. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kompetensi GPAI sesudah lulus sertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi guru sebelum lulus sertifikasi. 2) Kompetensi guru PAI yang sudah lulus sertifikasi (pada saat sebelum lulus sertifikasi) pada SMP Negeri di Kabupaten Sleman berada pada kategori tinggi dengan nilai 131,66 (62,5 %) dengan skor rerata tersebut berada pada interval kelas 131 s/d 160 dan Kompetensi guru PAI yang sudah lulus sertifikasi (pada saat sesudah lulus sertifikasi) pada SMP Negeri di Kabupaten Sleman berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 143,41 (84,4 %) dengan skor rerata tersebut berada pada interval kelas 131 s/d 160. 3) Secara umum kompetensi guru sesudah lulus sertifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan kompetensi guru sebelum lulus sertifikasi. Hal ini membuktikan bahwa ada pebedaan kompetensi guru sesudah lulus sertifikasi dengan sebelum lulus sertifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Sertifikasi Guru, Kompetensi Guru
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2023 09:17
Last Modified: 03 May 2023 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58250

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum