UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI METODE QUIZ TEAM DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN

Rahmad Budi Setiawan, NIM.: 07410196 (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI METODE QUIZ TEAM DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI METODE QUIZ TEAM DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKHLAK MELALUI METODE QUIZ TEAM DI KELAS VIII A SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran Aqidah Akhlak yang mengakibatkan siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran. Padahal keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran akan membantu siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran. Maka dari itu perlu diadakannya penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode Quiz Team dalam pembelajaran Aqidah akhlak dan meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII A setelah metode tersebut diterapkan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan mengambil latar SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan atau observasi, wawancara, dokumentasi dan angket untuk melengkapi data yang ingin diungkap. Dalam penelitian ini juga menggunakan data statistik sederhana untuk membantu dalam mengungkap data. Sedangkan untuk memeriksa keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode Quiz Team dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII A SMP Muhammadiyah 2 Kalasan dilaksanakan dalam dua siklus. Secara keseluruhan pelaksanaan tindakan berjalan dengan lancar, sesuai dengan rencana yang telah disusun dan dilakukan refleksi di setiap siklusnya. Terjadi perubahan perilaku peserta didik secara bertahap dalam mengikuti pembelajaran. 2) Peningkatan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran Aidah Akhlak dengan metode strategi Quiz Team cukup signifikan. Peningkatan keaktifan peserta didik terlihat pada perhatian peserta didik terhadap penjelasan guru, berani bertanya dan mengungkapkan pendapat, antusiasme dalam mengerjakan tugas, kemauan menjawab pertanyaan, mencatat materi pelajaran, dan perasaan senang terhadap materi pelajaran. Keaktifan belajar peserta didik dilihat dari hasil angket, pada siklus I keaktifan peserta didik menjadi 45% dan keaktifan kategori tinggi dan keaktifan sangat tinggi tidak ada responden maka 0 % prosentase, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80% dari 27 responden keaktifan kategori tinggi dan keaktifan kategori sangat tinggi 20% dari 7 responden, motivasi belajar peserta didik terjadi secara bertahap dari kategori sedang menjadi kategori tinggi, maka disini terlihat sangat signifikan bahwa ada peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Akhlak melalui metode Quiz Team ini. Peningkatan keaktifan tersebut terjadi secara bertahap dari kategori sedang dan akhirnya menjadi tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Strategi Quiz Team, Pembelajaran Akhlak, Pendidikan Agama
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 08:43
Last Modified: 04 May 2023 08:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58275

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum