UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES

Jamilatun, NIM.: 07410198 (2011) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA MELALUI HUKUMAN BERJENJANG DI SMK MA’ARIF 1 WATES)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis hukuman berjenjang, penerapan hukuman berjenjang, serta kedisiplinan siswa setelah diberikannya hukuman berjenjang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan bagi lembaga pendidikan tersebut dalam upaya meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini ditujukan kepada siswa SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Ma’arif 1 Wates. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode menelaah seluruh data, reduksi data, menyusun data dalam satu kesatuan, serta kategorisasi. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk menganalisa data yang diperoleh dari lapangan dan kemudian dihubungkan dengan teori yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Bentuk kedisiplinan siswa SMK Ma’arif 1 wates mengalami perubahan peningkatan yang cukup baik setelah diterapkannya hukuman berjenjang. 2) Penerapan hukuman berjenjang di SMK Ma’arif 1 Wates sebagai upaya dalam meningkatkan kedisiplinan siswa bersifat peringatan dan nasehat, bentuk hukuman peringatan atau teguran ini diterapkan bagi siswa yang melakukan jenis pelanggaran ringan. Bentuk hukuman yang bersifat pendidikan adalah hukuman yang berkaitan dengan pendidikan, misalnya merangkum pelajaran. Hukuman bersifat administrasi adalah jenis hukuman yang berbentuk surat pernyataan pemanggilan orangtua/wali siswa ke sekolah. Dalam Penerapannya bersifat berjenjang dan disesuaikan dengan jenis pelanggaran yang dilakukan siswa. 3) Dampak positif dengan adanya penerapan hukuman berjenjang di SMK ma’arif 1 Wates adalah rasa menyesal dan tidak akan mengulangi perbuatan yang melanggar dan yang dapat merugikan orang lain, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan bertambahnya pengetahuan siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Afiyah AS,. M. Si
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa, Hukuman Berjenjang, PAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 08:55
Last Modified: 04 May 2023 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum