PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK MELALUI LAGU ANAK ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUWON KECAMATAN PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Fitri Amalia, NIM.: 07410245 (2011) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK MELALUI LAGU ANAK ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUWON KECAMATAN PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK MELALUI LAGU ANAK ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUWON KECAMATAN PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA ANAK MELALUI LAGU ANAK ISLAMI DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KUWON KECAMATAN PONJONG, KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang upaya penanaman nilai akhlak pada anak dengan menggunakan lagu anak Islami di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuwon. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan penggunaan lagu Islami tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kuwon. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan dua modus, yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Proses penananman nilai-nilai akhlak melalui lagu anak Islami dilakukan di awal dan di setiap sela pembelajaran serta di akhir pembelajaran. Anak diminta untuk menyanyikan lagu kemudian diberikan pemahaman tentang isi dan pesan yang ada dalam lagu tersebut. (2) Hasil penanaman nilai-nilai akhlak pada anak dapat dilihat dari dua indikator yaitu pemahaman nilai-nilai yang terdapat dalam lagu dan perubahan tingkah laku anak setelah anak menyanyikan lagu serta setelah anak memahami pesan yang ada dalam lagu tersebut. (3) Hambatan yang dihadapi pendidik di TK ABA Kuwon dalam menanamkan nilai-nilkai akhlak pada anak melalui lagu anak Islami berasal dari faktor internal pendidik yang meliputi: penguasaan terhadap lagu, ketiadaan evaluasi serta penyampaian yang monoton dan faktor eksternal pendidik meliputi anak didik, kurangnya peran orang tua di rumah serta keterbatasan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Akhlak, Lagu Anak Islami, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:06
Last Modified: 04 May 2023 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum