KONSEP MONTESSORI TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Indah Fajarwati, NIM.: 07410272 (2011) KONSEP MONTESSORI TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MONTESSORI TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MONTESSORI TENTANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pada hakikatnya pendidikan adalah usaha orang tua atau generasi tua untuk mempersiapkan anak agar mampu hidup secara mandiri dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidupnya dengan sebaik-baiknya. Masa balita adalah masa emas untuk tumbuh dan kembang pada anak. Perkembangan tiap-tiap anak harus diamati, pendidikan dan pengajaran wajib disesuaikan dengan perkembangan anak. Montessori adalah tokoh pendidikan anak usia dini yang membuka mata adanya masa peka pada anak, Montessori menegaskan bahwa pendidikan adalah pendidikan diri. Maka, Montessori menggunakan kebebasan dan keaktifan anak sebaik-baiknya dalam metodenya, agar tiap anak berkesempatan berkembang menurut pembawaan dan bakatnya. Berbicara tentang pendidikan anak, dalam Islam anak adalah titipan Allah yang harus dijaga dan dididik dengan sebaik-baiknya. Oleh sebab itu, menyikapi perkembangan dan pendidikan anak usia dini, maka, perlu adanya suatu program pendidikan yang didisain disesuai dengan tingkat perkembangan anak. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini dan bagaimana konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini ditinjau dari perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis tentang konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini kemudian ditinjau dari perspektif pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan konsep Montessori pada pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan psikologi dengan mengambil latar konsep Montessori tentang pendidikan anak usia dini sebagai obyek penelitian. Pengumpulan data melalui studi pustaka, yang berdasarkan pada data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan Content Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1). Montesssori mengalihkan pusat pendidikan dari teacher-central (guru sebagai sumber dalam belajar) ke childcental (anak didik sebagai pusat dalam belajar). 2). Sensitive Periods menyatakan usia anak dini adalah masa peka. 3). Kebebasan atau kemerdekaan menurut sistem Montessori bukan kebebasan yang sesungguhnya, melainkan kebebasan yang terbatas.4). Child’s Self-Construction yang menyatakan bahwa anak membangun sendiriperkembangan jiwanya 5). Pada masa anak usia dini memiliki jiwa penyerap berbagai pengetahuan dan pengalaman dalam hidupnya. Konsep Montessori ditinjau dari perspektif pendidikan Islam, konsep pendidikan Montessori yang penekanannya pada intelektual anak dalam satu sisi ditinjau sangat tepat. Namun, ditinjau dari perspektif pendidikan Islam hendaknya perlu diperhatikan dari aspek yang lain. Karena ketika anak sudah memasuki kehidupan di masa yang akan datang, jika hanya mengandalkan perkembangan intelektual saja tidak cukup karena dalam pendidikan Islam semua aspek dalam diri anak dapat dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Montessori, Pendidikan Islam, Budaya Globalisasi
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 04 May 2023 09:13
Last Modified: 04 May 2023 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum