KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II

Umi Hanik Munawaroh, NIM.: 07420051 (2011) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU BAHASA ARAB DI MTsN YOGYAKARTA II)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam proses pembelajaran dibutuhkan seorang guru yang memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yaitu guru yang dapat mengelola pembelajaran dengan baik dan benar-benar manguasai bidang yang dia ampu serta mampu membelajarkannya. Guru adalah sebuah profesi dimana profesi tersebut merupakan faktor yang paling dominan dan penting dalam menentukan kemajuan sebuah bangsa. Namun apakah guru-guru mata pelajaran bahasa Arab di MTsN Yogyakarta II tersebut telah menguasai kompetensi pedagogik dan profesional dalam pengembangan kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisis dan menginterprestasikan data yang berupa fakta-fakta dari hasil penelitian yang tidak berwujud angka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Para guru bahasa Arab di MTsN Yogyakarta II memiliki kompetensi pedagogik dan profesional yang baik hal ini dapat dilihat pada kemampuan dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang baik dan dalam pengelolaan kelas serta dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa. Dalam penguasaan materi pokok dapat dilihat pada kemampuan para guru bahasa Arab dalam menjelaskan materi secara sistematis, jelas, jarang melihat materi dalam buku serta mampu menjawab pertanyaan dari siswa dengan lancar dan jelas. Dalam penguasaan materi tambahan guru menceritakan tentang kebudayaan-kebudayaan yang ada pada masyarakat Arab, sehingga siswa menjadi lebih tertarik dalam belajar bahasa Arab. (2) Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional guru di MTsN Yogyakarta II dilakukan melalui upaya kepala madrasah dan upaya guru secara personal. Upaya yang dilakukan oleh kepala madrasah adalah dengan memberikan kesempatan secara luas kepada guru untuk mengaktualisasikan diri, melaksanakan supervisi yaitu penilaian guru dalam proses pembelajaran dari pembelajaran dimulai hingga pelajaran diakhiri yang dilakukan oleh kepala sekolah sendiri, pelaksanaan tadarus yang wajib diikuti oleh seluruh guru, dan lain-lain. Sedangkan upaya yang dilakukan oleh guru personal adalah dengan mengikuti workshop-workshop, melaksanakan PTK, dan mengikuti MGMP. (3) Adapun problematika yang dihadapi dalam kegiatan peningkatan kompetensi diantarnya adalah waktu, dan kurangnya koordinasi antara pihak diknas dan sekolah-sekolah dalam penentuan tema workshop yang diadakan oleh diknas. Dalam pemecahan dari problematika tersebut maka kepala sekolah dan guru bahasa Arab berupaya untuk lebih mendahulukan kepentinga sekolah daripada personal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radjasa Mu’tasim, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik, Guru Bahasa Arab, Kompetensi Profesiona
Subjects: Pendidikan > Pendidikan berbasis kompetensi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 09:06
Last Modified: 05 May 2023 09:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum