UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV MI MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG

Anang Riza Rahmawan, NIM.: 07480026 (2011) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV MI MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV MI MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV MI MOJOSARI BANSARI TEMANGGUNG)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah: kurangnya keaktifan belajar IPS siswa kelas IV MI Mojosari Bansari Temanggung, karena guru hanya menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaiman keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS di kelas IV MI Mojosari Bansari Temanggung sebelum penerapan strategi Numbered Head Together. (2) bagaiman pelaksanaan penerapan strategi Numbered Head Together pada pembelajaran IPS di kelas IV MI Mojosari Bansari Temanggung. (3) seberapa besar peningkatan keaktifan bealajar IPS siswa kelas IV MI Mojosari Bansari Temanggung setelah penerapan strategi Numbered Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mojosari Bansari Temanggung yang berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi Numbered Head Together. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus yang mana setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, angket keaktifan belajar siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, serta dokumentasi. Hasil penelitianya adalah: (1) langkah-langkah strategi Numbered Head Together adalah: (a) persiapan. (b) belajar kelompok. (c) pemberian kuis. (d) member kesimpulan. (e) pemberian penghargaan. (2) keaktifan belajar siswa meningkat dengan perolehan persentase 61,5% pada pra tindakan naik menjadi 77,8% pada siklus I dan 84,7% pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS, Strategi Numbered Head Together (NHT)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 May 2023 11:02
Last Modified: 05 May 2023 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58339

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum