PELAKSANAAN PSIKOTERAPI BAGI REMAJA PECANDU GAME ONLINE DENGAN METODE RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DI PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS CIAMIS-JAWA BARAT

Dani Akhiri Pahmi, NIM.: 16250022 (2023) PELAKSANAAN PSIKOTERAPI BAGI REMAJA PECANDU GAME ONLINE DENGAN METODE RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DI PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS CIAMIS-JAWA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PSIKOTERAPI BAGI REMAJA PECANDU GAME ONLINE DENGAN METODE RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DI PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS CIAMIS-JAWA BARAT)
16250022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PSIKOTERAPI BAGI REMAJA PECANDU GAME ONLINE DENGAN METODE RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR THERAPY DI PONDOK PESANTREN NURUL FIRDAUS CIAMIS-JAWA BARAT)
16250022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi atas maraknya kasus seseorang yang kecanduan Game Online. Indonesia merupakan salah satu Negara yang masyarakatnya banyak mengakses Game Online sehingga tidak sedikit penomena atas kasus yang disebabkan dari kecanduan Game Online tersebut contohnya mudah emosional, hilangnya minat belajar, menutup diri dari lingkungan dan lain sebagainya yang sehingga perlu adanya tindakan prefentif dan rehabilitatif. Pondok Pesantren Nurul Firdaus merupakan lembaga yang tidak hanya berfokus pada dunia pendidikan formal dan non formal tetapi salah satu lembaga Pondok Pesantren yang melakukan tindakan pertolongan rehabilitasi bagi santri bina atau Klien yang mengalami kecanduan judi, narkoba, orang dengan gangguan mental dan termasuk pecandu Game Online. Salah satu metode rehabilitasi yang diterapkan oleh Pondok Pesantren Nurul Firdaus yaitu dengan metode Rational Emotive Behaviour Therapy yang tujuannya untuk mengubah pola pikir dan tindakan Klien peccandu Game Online yang Irasional menjadi Rasional dalam kehidupan sehari-hari layaknya orang normal pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek pecandu Game Online dan praktisi rehabilitasi pecandu Game Online. Sedangkan yang menjadi objek pada penelitian ini adalah Pelaksanaan Metode Rational Emotive Behaviour Therapy bagi pecandu Game Online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus Ciamis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan Psikoterapi metode rehabilitasi terhadap pecandu Game Online dan hasil penanganan yang dilakukan oleh para praktisi Pondok Pesantren Nurul Firdaus. Hasil dari penelitian ini mengambarkan mengenai proses pelaksanaan Psikoterapi Rational Emotive Behaviour Therapy pecandu Game Online yang dilakukan oleh para Praktisi Pondok Pesantren Nurul Firdaus serta dampak kecanduan Game Online. Pelaksanaan Rational Emotive Behaviour Therapy dengan cara tehnik kognitif yang dilakukan dengan cara tehnik pengajaran, persuasif dan konfrontasi. Tehnik emotif pelaksanaannya dengan cara tehnik sosiodrama dan self modeling. Tehnik Behaviouristik dengan tehnik TeknikRrinforcement. Pelaksanaan Psikoterapi di Pondok Pesantren Nurul Firdaus dilakukan secara holistik dibantu dengan spiritualitas dan medis yang bekerjasama dengan Rs.Permata Bunda. Dampak kecanduan Game Online di Pondok Pesantren Nurul Firdaus yakni gangguan Psikologis, pendidikan, sosial, keuangan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andayani, S.IP, MSW,
Uncontrolled Keywords: Psikoterapi, Rational Emotive Behaviour Therapy, Kecanduan Game
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Psikologi > Psikologi Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 May 2023 14:14
Last Modified: 11 May 2023 14:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58494

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum