IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA MLANDI, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO

Idtyan Salma Hafiza, NIM.: 19102050058 (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA MLANDI, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA MLANDI, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO)
19102050058_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DANA DESA DALAM UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PASCA PANDEMI COVID-19 DI DESA MLANDI, KECAMATAN GARUNG, KABUPATEN WONOSOBO)
19102050058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pengesahan Undang-Undang tentang desa telah memposisikan desa sebagai ujung tombak pembangunan. Pemerintah telah memberikan sumber dana yang memadai agar desa mampu mengelola potensi yang dimilikinya. Adanya program dana desa yang menjadi program unggulan pemerintah telah digencarkan untuk direalisasikan sebagai upaya pelaksanaan pembangunan desa. Akan tetapi, munculnya pandemi Covid-19 di Indonesia pada awal 2020 telah memberikan dampak yang signifikan pada berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam aspek perekonomian. Adanya pandemi Covid-19 membuat pemerintah Indonesia mengeluarkan serangkaian kebijakan pada sektor perekonomian salah satunya yaitu melalui refocusing anggaran dana desa. Dana desa yang semula dikucurkan untuk melakukan pembangunan desa, namun pada tahun 2022 pemerintah menginstruksikan agar dana desa digunakan untuk program pemulihan ekonomi nasional dan program prioritas nasional lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi dana desa dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Mlandi di masa pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode analisis kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu menggunakan teknik purposive sampling dimana pemilihan sampel didasarkan pada pertimbangan peneliti. Sampel yang dipilih diantaranya yaitu lima perangkat Desa Mlandi, Ketua PKK, dua masyarakat umum, dua penerima manfaat BLT-DD, penerima manfaat RTLH, dan dua anggota PKH. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis implementasi dana desa ini difokuskan pada satu tahun anggaran yaitu tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian kebijakan dana desa di Desa Mlandi telah sejalan dengan teori implementasi kebijakan menurut William N. Dunn yang dimulai dari tahap penyusunan agenda, tahap formulasi kebijakan, tahap adopsi kebijakan, dan tahap implementasi kebijakan. Pemerintah Desa Mlandi telah mengimplementasikan dana desa dengan memformulasikan kebijakan melalui program-program dan didasarkan pada regulasi prioritas penggunaan dana desa pada Tahun 2022. Adapun program-program tersebut diantaranya yaitu penyaluran BLT-DD, pengembangan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, peningkatan UMKM, dan perwujudan ketahanan pangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Asep Jahidin, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Desa, Dana Desa, Kesejahteraan Masyarakat, Pemerintah Desa
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Covid-19
Pemerintahan Desa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 May 2023 14:40
Last Modified: 12 May 2023 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum