INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI MBS MUHIBA YOGYAKARTA

Ummi Choiriyah, NIM.: 20204012056 (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI MBS MUHIBA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI MBS MUHIBA YOGYAKARTA)
20204012056_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER HIZBUL WATHAN DI MBS MUHIBA YOGYAKARTA)
20204012056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan karakter pada peserta didik. Dalam pelaksanaannya perlu dikawal secara terus menerus oleh setiap satuan pendidikan mulai dari sekolah, keluarga dan lingkungan sekitarnya. Pendidikan karakter perlu ditanamkan sejak dini kepada setiap individu sebagai fondasi dan ruh utama pendidikan nasional untuk mewujudkan manusia yang utuh dalam rangka menyambut generasi emas. Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MBS Muhiba Yogyakarta tidak hanya melalui kegiatan pembelajaran saja, melainkan juga diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler. Berdasarkan hal tersebut, maka dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter di MBS Muhiba Yogyakarta dan implikasinya terhadap kepribadian peserta didik melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Adapun uji keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi data, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1)Proses internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan melalui tiga tahap, a) Tahap transformasi nilai dengan melakukan transfer nilai karakter yang baik melalui arahan, nasihat dan motivasi. b)Tahap transaksi nilai dengan pemberian teladan. c)Tahap transinternalisasi nilai dengan pembiasaan dan kesadaran serta pemberian hukuman. Kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan di MBS Muhiba Yogyakarta terlaksana dengan baik dan rutin sesuai dengan pedoman administrasi kepanduan Hizbul Wathan. Nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan antara lain, nilai karakter disiplin, tanggung jawab, kerja keras dan berani, peduli, serta jujur dan mandiri. 2) Hasil internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui kegiatan Hizbul Wathan dapat dilihat dalam kegiatan sehari-hari peserta didik. Terdapat perubahan karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan. Terdapat keaktifan MBS Muhiba dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan dalam membentuk karakter peserta didik. Terdapat faktor pendukung dan faktor penghambat dalam kegiatan ekstrakurikuler hizbul wathan. 3) Implikasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepribadian peserta didik terhadap pembelajaran di MBS Muhiba Yogyakarta adalah nilai karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, gemar membaca dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: internalisasi nilai; pendidikan karakter; Hizbul Wathan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 May 2023 11:46
Last Modified: 17 May 2023 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum