EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KARYA FIKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CORONGAN

Maudila Slamet Kurniawati, NIM.: 18104080003 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KARYA FIKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CORONGAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KARYA FIKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CORONGAN)
18104080003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR KARYA FIKSI PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI CORONGAN)
18104080003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster bukan hanya sekedar upaya untuk membantu guru menemukan metode pembelajaran terbarukan dan lebih menyenangkan bagi peserta didik, namun juga dapat mempermudah peserta didik dalam proses belajar. Hal ini berbanding lurus dengan tujuan penelitian ini yakni mengetahui efektivitas media video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster terhadap hasil belajar karya fiksi kelas IV SD Negeri Corongan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-eksperimen yang hanya menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa menggunakan kelas kontrol yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Corongan yang berjumlah 30 peserta didik. Bentuk pre-eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest. Peneliti melakukan dua tes ini untuk mengetahui hasil belajar karya fiksi pada peserta didik. Data yang telah diperoleh sudah diuji menggunakan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukan hal yang cukup efektif. Terbukti dengan hasil uji paired sample t-test yang menunjukan bahwa nilai sig.(2-tailed) 0,000<0,05 maka Ho diterima. Artinya ada perbedaan nilai yang didapatkan dari sebelum dan setelah diberikan perlakuan/treatment media video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar karya fiksi pada kelas IV SD Negeri Corongan. Dikuatkan dengan hasil Uji N-Gain yang menunjukan persentase 60,5% (cukup efektif), hal tersebut menandakan bahwa media video pembelajaran berbasis aplikasi kinemaster dapat digunakan dan cukup efektif untuk pembelajaran di kelas IV SD Negeri Corongan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran; kinemaster; hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 May 2023 08:30
Last Modified: 19 May 2023 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum