HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP SELF PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA FRESH GRADUATE

Lailatul Maghfiroh Azzakiyah, NIM.: 19107010083 (2023) HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP SELF PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA FRESH GRADUATE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP SELF PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA FRESH GRADUATE)
19107010083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN MODAL PSIKOLOGIS DAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP SELF PERCEIVED EMPLOYABILITY PADA FRESH GRADUATE)
19107010083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2022, mengungkpakan jumlah pengangguran terbuka di Pulau Jawa mencapai 8,4 juta orang atau 5,83% dari total 208,54 juta penduduk usia kerja. Dari data tersebut, 14%-nya atau sekitar 1,1 juta merupakan lulusan diploma dan sarjana. Salah satu alasan lulusan sarjana tidak terserap baik di dunia kerja dikarenakan tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Supaya dapat layak diterima dalam dunia kerja, individu senantiasa aktif dalam melakukan usaha-usaha yang relevan dengan rancangan karir yang akan ditempuhnya. Karir yang dipersepsi sesuai harapannya, selanjutnya dilakukan usaha, membangun kepercayaan diri yang tinggi, pengetahuan, dan keterampilan. Sayangnya, terkadang ada yang berpendapat bahwa diri mereka tidak layak dipekerjakan karena tidak mempunyai pengetahuan untuk mencari pekerjaan, kepercayaan diri, dan disiplin. Kecakapan individu terkait dengan dunia kerja disebut employability skill. Penelitian ini tentang Self perceived employability sebagai variabel terikat dengan variabel bebas yaitu modal psikologis dan experiental learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara modal psikologis dan Experiental Learning terhadap Self Perceived Employability. Subyek dalam penelitian ini adalah fresh graduate di Pulau Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode korelasi untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Modal Psikologis dan Experiental Learning terhadap Self perceived employability. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Self perceived employability dari teori Fugate (2004), Psychological Capital Questionnaire (PCQ) dari teori Luthans & Youssef (2007), dan Experiential Learning Survey (ELS) dari teori Clem (2014). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara modal psikologis dan Experiental Learning terhadap Self perceived employability pada fresh graduate. Hasil analisis memperoleh nilai koefisien korelasi R= 0,664 dengan nilai p= 0,000 (p<0,05). Hipotesis hubungan antara modal psikologis terhadap Self perceived employability memiliki signifikansi p= 0,000 (p<0,1). Sedangkan hipotesis hubungan antara Experiental Learning terhadap Self perceived employability memiliki signifikansi p= 0,022 (p<0,1).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Benny Herlena, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Modal psikologis, Experiental learning, Self Perceived Employability
Subjects: Psikologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 May 2023 08:17
Last Modified: 19 May 2023 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58706

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum