EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA

Nur Aini Eka Sari, NIM.: 19104060027 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
19104060027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM DENGAN GOOGLE CLASSROOM TERINTEGRASI VIDEO ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ASAM BASA)
19104060027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dari tahun ke tahun semakin pesat dan meningkat. Perkembangan itu memiliki pengaruh besar terhadap segala aspek dan bidang salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Pembelajaran kimia terutama pada materi asam basa masih menggunakan model pembelajaran teacher centered dengan metode ceramah, sehingga peserta didik kurang banyak meng-eksplor materi kimia secara lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom dengan google classroom terintegrasi video animasi powtoon terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik materi asam basa kelas XI. Model penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan rancangan non equivalent control group design dengan pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling. Adapun sampel pada penelitiannya adalah kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 1 (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa soal tes sejumlah 30 soal yang valid dan reliabel, kisi-kisi dan pedoman penilain, Lembar Kerja Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji normalitas penelitian ini menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Hasil uji normalitas penelitian ini nilai Sig. < 0,05 maka data tidak berdistribusi normal. Penyebab data yang dihasilkan pada penelitian ini tidak bersitribusi normal yakni terdapat data ekstrim yang memiliki nilai yang sangat jauh dengan data lainnya. Uji homogenitas menggunakan uji Levene Statiztic dan didapatkan hasil nilai Sig. Yakni 0,115 maka data hasil belajar kognitif kelas kontrol dan eksperimen memiliki variansi yang homogen atau sama. Uji hipotesis penelitian ini dengan uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya model pembelajaran Flipped Classroom dengan google classroom dengan video animasi powtoon efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik berdasarkan hasil tes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: google classroom; model pembelajaran; flipped classroom; hasil belajar; asam basa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 May 2023 08:58
Last Modified: 22 May 2023 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58769

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum