PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Chaitra Kurnia Hati, NIM.: 19104060049 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
19104060049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS VAK (VISUALIZATION AUDITORY KINESTETIC) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
19104060049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi pada era revolusi 4.0 mempengaruhi seluruh aspek termasuk dunia pendidikan. Adanya perkembangan teknologi mengharuskan dunia pendidikan mengoptimalkan teknologi guna pelaksanaan pembelajaran. Pembelajaran kimia terutama pada materi hidrolisis garam masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan menggunakan PowerPoint dan buku ajar, hal ini menyebabkan peserta didik kurang tertarik dengan materi kimia. Google Sites merupakan salah satu media alternatif berbasis teknologi yang mudah diakses, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu yang dapat digunakan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kualitas, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Google Sites berbasis VAK (Visualization Auditory Kinestetic) pada materi hidrolisis garam. Model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Desiminate) yang dibatasi hingga tahap pengembangan. Lima validator (satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga guru kimia) dilibatkan dalam menilai kualitas situs Google Sites menggunakan metode instrumen lembar angket penilaian kualitas produk skala 4 dan 10 peserta didik memberikan respon dengan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penilaian kualitas situs Google Sites menunjukkan bahwa media ini memiliki kategori Sangat Baik dengan persentase kualitas ideal sebesar 95% menurut ahli materi, persentase kualitas ideal sebesar 85% menurut ahli media, dan 93,81% oleh guru kimia. Respon peserta didik terhadap situs Google Sites positif dengan perolehan persentase sebesar 100%. Hasil penilaian ahli dan dan respon peserta didik menunjukkan bahwa situs Google Sites memiliki pengaruh besar jika digunakan sebagai media pembelajaran interaktif kimia untuk membantu peserta didik memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Google Sites, Media Pembelajaran, Vak (Visualization Auditory Kinestetic), Hidrolisis Garam
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:10
Last Modified: 22 May 2023 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58788

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum