PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA

Peni Nur Febriyanti, NIM.: 19104060055 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
19104060055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE SITES BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA)
19104060055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang berkembang pesat berdampak bagi sistem pendidikan yaitu sebagai alat bantu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal inilah yang seharusnya dimanfaatkan secara optimal, salah satunya dengan membuat media pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara, guru belum menemukan media pembelajaran berbasis kontekstual khususnya pada materi larutan penyangga yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran google sites berbasis kontekstual pada materi pokok larutan penyangga. Namun penelitian yang dilakukan hanya sampai pada tahap development (pengembangan). Penilaian kualitas dilakukan menggunakan angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan angket skala Guttman. Media pembelajaran dinilai oleh satu ahli materi dan satu ahli media, tiga pendidik SMA/MA serta direspon oleh 10 peserta didik kelas XI MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase keidealan sebesar 90,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan sebesar 90,00% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh pendidik kimia SMA/MA mendapatkan persentase keidealan sebesar 92,78 % dengan kategori Sangat Baik (SB) dan respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan sebesar 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M. Si
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Google Sites, Larutan Penyangga
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:12
Last Modified: 22 May 2023 11:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum