IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG RAMU UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PADA SISWA MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA

Karmila, NIM.: 19104080055 (2023) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG RAMU UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PADA SISWA MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG RAMU UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PADA SISWA MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTAIMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG RAMU UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PADA SISWA MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKA)
19104080055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA PENGGALANG RAMU UNTUK MENGEMBANGKAN NILAI MORAL PADA SISWA MI AL-MUHSIN 1 KRAPYAK YOGYAKARTA)
19104080055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor terpenting pendidikan adalah mengupayakan pembentukan watak generasi penerus agar memiliki perilaku yang berpegang teguh pada budaya bangsa dan mengutamakan nilai-nilai moral. MI Al-Muhsin merupakan salah satu madrasah yang aktif dalam kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler. Dalam hal ini peneliti memilih pramuka, karena di madrasah ini ekstrakurikuler pramuka selalu memposting tentang kepramukaan yang terlihat memberikan materi dan ajaran yang berhubungan dengan nilai moral, seperti penerapan nilai dasa dharma yang wajib diimplementasikan dalam kehidupan. Adapun tujuan dalam penelitian ini meliputi 1) Untuk mengetahui implementasi ekstrakurikuler pramuka sebagai upaya penanaman nilai moral pada siswa MI Al-Muhsin 1 Krapyak Yogyakarta, 2) Untuk mengetahui Hambatan apa saja yang terdapat pada ekstra pramuka dalam menanamkan nilai moral, 3) Untuk mengetahui saja upaya yang dilakukan untuk mengatasi nilai moral melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Al-muhsin 1 Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah, pembina pramuka yaitu kak Alfian Nurul Huda dan kak Intan Widyaningrum, siswa anggota pramuka yaitu saffana N.Z, Naura A.A dan Zahra P.R, wali kelas yaitu ibu Erna Nurhayati, dan kepala madrasah yaiti Bapak Nur Ali. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2023, pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah dari model Miles and Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) implementasi yang dilakukan pada ekstra pramuka penggalang ramu meliputi nilai moral sebagai berikut; Religius, Peduli lingkungan,sopan santun dan menghargai orang lain,Kerjasama, e) tolong menolong,Kemandirian, Kedisiplinan,anggung jawab dan jujur,bertutur kata baik. 2) hambatan yang ada di kegiatan ekstrakurikuler pramuka adalah Faktor penghambat meliputi; tempat yang kurang memadai, sarana dan prasarana yang kurang lengkap, kurangnya sumber daya, faktor lingkungan, faktor keluarga, faktor teman sepergaulan, faktor pembina, dan waktu. 3) upaya yang dilakukan pembina yaitu dengan; memberikan denda Rp. 2000 terhadap siswa yang melanggar tata tertib, memberikan pelatihan yang menyenangkan, mengadakan event atau lomba, selalu memberikan contoh yang baik kepada siswa. Adapun faktor yang mendukung keberhasilan kegiatan ekstra pramuka meliputi; aturan dan tata tertib, siswa, koordinasi antara pembina, kepala sekolah dan orang tua, serta dukungan dari pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andhika Yahya Putra., M.Or
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Ekstrakurikuler, Kegiatan Pramuka, Nilai Moral
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 May 2023 11:23
Last Modified: 22 May 2023 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum